30.6 C
Medan
Friday, August 19, 2022
spot_img

Putin Tawarkan Partisipasi BUMN Transportasi Rusia di Proyek IKN

Moskow, MISTAR.ID

Pertemuan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dengan Presiden Vladimir Putin di Istana Kremlin, Rusia, Kamis (30/6/22) berlangsung lancar. Bahkan, Putin mendorong potensi kerja sama bisnis dalam sektor infrastruktur transportasi dan logistik di Ibu Kota Negara (IKN).

Salah satu yang disinggung Putin adalah transportasi kereta api. “Russian Railways dapat mengambil bagian dalam mengimplementasikan inisiatif skala besar Indonesia untuk memindahkan ibu kota negara ke pulau Kalimantan,” kata Putin.

Putin pun menegaskan bahwa ibu kota Rusia, Moskow, yang telah berkembang dengan kecepatan yang sangat baik dan dengan peningkatan kualitas yang tinggi siap berpartisipasi dalam proyek yang benar-benar ambisius ini.

Baca Juga:Rusia Tak Keberatan Putin Dukung Ukraina Jadi Anggota Uni Eropa

Selain menyinggung soal infrastruktur IKN, Putin juga menyampaikan kemungkinan pembukaan kembali penerbangan langsung dari Moskow ke Bali. Hal lain yang disampaikan Putin kepada Jokowi adalah kesediaan BUMN Rusia Rosatom State Corporation untuk bergabung dalam proyek teknologi nuklir untuk bidang kesehatan dan pertanian di Indonesia.

Kepada Putin, Jokowi menyampaikan terkait dengan dukungan dirinya untuk upaya PBB reintegrasi komoditas pangan dan pupuk Rusia dan komoditas pangan Ukraina dalam rantai pasok dunia.

“Khusus untuk jalur ekspor produk pangan Ukraina, terutama melalui jalur laut, saya sangat menghargai Presiden Putin yang tadi menyampaikan bahwa memberikan jaminan keamanan pasokan pangan dan pupuk dari Ukraina maupun Rusia, ini sebuah berita yang baik,” paparnya.

Selepas pertemuan ini, Jokowi dan rombongan melanjutkan perjalanan ke Uni Emirat Arab, Abu Dhabi. (bisnis/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: