30 C
Medan
Saturday, July 24, 2021

Presiden Amerika Yakin Vaksin Corona Bakal Ditemukan

Washington, MISTAR.ID

Donald Trump yakin vaksin virus corona (Covid-19) dapat segera ditemukan pada akhir tahun 2020. “Kami pikir kami akan mendapatkan hasil yang baik dalam waktu sangat cepat,” ujar Presiden Amerika Serikat itu kepada wartawan di Gedung Putih, Sabtu (16/5/20).

Trump telah menunjuk mantan eksekutif Glaxo Smith Kline Moncef Slaouin, dan pensiunan jenderal bintang empat Gustave Perna untuk memimpin upaya produksi dan distribusi virus corona hingga akhir tahun. Upaya tersebut diberi nama “Operation Warp Speed“.

Trump juga menekankan, ia terbuka untuk bekerja sama dengan negara lain guna menemukan vaksin virus yang menewaskan lebih dari 300 ribu jiwa di dunia itu.

“Siapapun yang menemukannya, kami pikir itu bagus, kami akan bekerja dengan mereka dan mereka akan bekerja dengan kami. Bila kami mendapatkannya (vaksin), kami akan bekerja sama dengan mereka,” ujarnya.

Vaksin sejauh ini dinilai sebagai cara paling efektif untuk menghentikan penyebaran Covid-19. Virus mematikan itu sulit dihilangkan jika hanya mengandalkan tindakan pengendalian seperti menjaga jarak maupun lockdown.

Beberapa waktu lalu, perusahaan Jerman Mainz-based BioNTech mengatakan siap memasok jutaan vaksin virus corona (Covid-19) pada akhir tahun ini.

BioNTech telah bekerja sama dengan raksasa farmasi Amerika Serikat, Pfizer, untuk mengembangkan vaksin corona. Vaksin-vaksin tersebut tengah diujicobakan terhadap manusia. Namun, Kepala Teknis Tim Tanggap Corona WHO Dr Maria Van Kerkhove mengatakan, pengembangan vaksin membutuhkan proses yang sangat detail dan waktu yang lama.

“Kami telah melihat komunitas global bekerja sama memerangi virus ini. Pabrik manufaktur, pemimpin negara, ilmuwan, untuk mempercepat pengembangan vaksin. Semua orang ingin tahu secara pasti berapa lama ini akan berlangsung,” kata Van Kerkhove dalam CNN’s Global Town Hall pada, Kamis (14/5) lalu.

 

Sumber: CNBCIndonesia

Editor: Andy Hutagalung

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
2,870FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Latest Articles

%d bloggers like this: