30 C
Medan
Tuesday, October 4, 2022
spot_img

Politik Di Senegal Memanas, Pemimpin Oposisi Ditangkap

Dakar, MISTAR.ID

Menghadapi persidangan atas tuntutan pemerkosaan, pemimpin oposisi Senegal, Ousmane Sonko ditangkap dalam perjalanan menuju pengadilan Dakar. Pengacara Sonko, Check Khuraissy mengatakan kliennya ditangkap pada Rabu (3/3/21).

“Dia telah diberi tahu tentang penangkapannya dengan tuduhan mengganggu ketertiban umum dan berpartisipasi dalam demonstrasi ilegal,” kata Khoraissy kepada media. Etienne Ndione, pengacara Sonko lainnya membenarkan penangkapan tersebut. Sonko diagendakan menghadiri persidangan untuk menjawab dakwaan pemerkosaan.

“Surat perintah penangkapan Sonnko dikeluarkan sebelum dia tiba di gedung pengadilan,” ucap Khoraissy. Berdasarkan pantauan media, ratusan pendukung Sonko mengikuti iring-iringan mobilnya menuju pengadilan, membunyikan klakson mobil dan menyanyikan lagu-lagu tradisional.

Baca juga: Terdampar di Senegal, 88 WNI ABK Dipulangkan

Mengantisipasi hal tersebut, petugas polisi mencoba membubarkan massa dengan menembakkan gas air mata. Ratusan pendukungnya menggelar aksi protes jelang persidangan Sonko, yang diklaim bermotif politik.

Sejumlah kontroversi telah membayangi Sonko dalam sebulan terakhir ketika media Senegal melaporkan seorang karyawan di sebuah salon tempat dia pijat mengajukan tuntutan atas pemerkosaan terhadapnya.

Sonko merupakan pemimpin partai oposisi, Pastef yang selama ini membantah tuduhan perkosaan atas karyawan salon. Ia menuduh rivalnya dalam pilpres, Macky Sall sebagai calon petahana berkonspirasi untuk mendepaknya maju dalam pemilu 2024.

Baca juga: Protes Jam Malam, Pengunjuk Rasa Di Senegal Rusuh

Tuduhan pemerkosaan terhadap Sanka muncul di tengah ketidakpastian apakah Sall akan kembali menjabat untuk ketiga kalinya. Sementara masa jabatan presiden di Senegal dibatasi hanya dua periode berturut-turut.

Untuk melenggangkan niatnya, Sall melakukan revisi konstitusi pada 2016 lalu. Revisi itu memicu kecurigaan bahwa dia hendak maju kembali mencalonkan diri sebagai presiden. Pemilu pada 2019 lalu memenangkan Sall sebagai petahana untuk kembali menjadi presiden untuk masa jabatan kedua. (cnn/hm09)

Related Articles

TRENDING NOW

Warga Dairi Demo ke Gedung DPRD, Ini Tujuannya

Dairi, MISTAR.ID Puluhan warga Kabupaten Dairi kembali melakukan aksi demo terkait pembahasan P-APBD 2022 ke Gedung DPRD Dairi di Jalan Sisingamangaraja, Sidikalang, Senin (3/10/22). Namun...

Sumut akan Hadapi Kalteng di Liga Santri PSSI 2022 Piala Kasad

Asahan, MISTAR.ID Anak anak dari Kabupaten Asahan yang mewakili tim sepakbola Santri Sumatera Utara (Sumut) akan menghadapi tim dari Kalimantan Tengah pada pertandingan Liga Santi...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: