Pemilu Selandia Baru, Jacinda Ardern Unggul dari Partai Nasional

Jacinda Ardern dari Partai Buruh.(f:ist/mistar)

Wellington, MISTAR.ID

Jacinda Ardern dari Partai Buruh mengalahkan Partai Nasional dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Selandia Baru yang digelar pada hari ini, Sabtu (17/10/20). Menurut laporan stasiun televisi TVNZ, dari hasil penghitungan suara yang mencapai 80 persen, Partai Buruh meraup dukungan 48.9 persen.

Dengan hasil itu, mereka mendapatkan 64 kursi di parlemen dan membentuk pemerintahan tanpa harus berkoalisi. Sedangkan pesaing terdekat mereka, Partai Nasional, meraih 27 persen suara dan mendapatkan 35 kursi di parlemen.

Posisi ketiga dan keempat masing-masing diduduki oleh Partai ACT dengan 8.1 persen suara, dan Partai Hijau dengan 7.5 persen suara. Mereka masing-masing mendapat jatah 10 kursi di parlemen. Hasil ini sesuai dengan perkiraan banyak pihak jauh-jauh hari. Sebab Ardern dan Partai Buruh terus bertengger di posisi tertinggi dalam setiap jajak pendapat.

Baca juga: Taiwan Minta Bantuan Internasional Atas Ancaman Cina

Menanggapi hal ini, Ketua Partai Nasional, Judith Collins, menyampaikan ucapan terima kasih kepada para politikus Partai Nasional dan pendukungnya. Dia menyatakan memang kampanye pemilu kali ini tidak mudah karena harus bersaing dengan Ardern dan Partai Buruh yang pamornya sedang meroket, ditambah segala pembatasan akibat pandemi virus corona.

“Terima kasih sudah memilih kami. Kami akan bekerja keras selama tiga tahun ke depan untuk membayar kepercayaan yang telah diberikan oleh mereka yang memilik Partai Nasional,” kata Collins saat menyampaikan pidato di markas besar Partai Nasional.

“Kami akan mengambil waktu untuk melakukan evaluasi dan kami akan berubah. Partai Nasional akan bangkit dari kekalahan ini supaya lebih kuat, disiplin dan terstruktur,” ujar Collins.

Collins juga berjanji akan menjadi oposisi yang kuat di hadapan pemerintahan. Apalagi saat ini negara itu juga masuk ke dalam resesi sebagai imbas pandemi.

Baca juga: 6 Tersangka Narkotika Jaringan Internasional Ditangkap, Sabu Disimpan di Mess Pemko Tanjung Balai

“Saya berjanji Partai Nasional akan menjadi oposisi yang tangguh. Kita akan meminta pemerintah bertanggung jawab atas segala janji yang gagal ditepati, dan memaksa mereka untuk melakukan yang terbaik untuk penduduk Selandia Baru,” ucap Collins.

Secara terpisah, Ardern juga menyampaikan terima kasih kepada para penduduk yang memberikan suara kepada dia dan Partai Buruh. Dia juga memuji kerja keras seluruh anggota partai atas keberhasilan ini.

“Hasil malam ini sangat kuat, dan sudah sangat jelas bahwa Partai Buruh akan kembali memimpin pemerintahan dalam tiga tahun ke depan,” ujar Ardern.

Ardern menyatakan akan berupaya memenuhi janji menciptakan lapangan pekerjaan, menghadapi perubahan iklim, mengentaskan kemiskinan, membangun rumah subsidi terjangkau bagi penduduk, serta memberikan masa depan yang cerah dan harapan bagi rakyat Negeri Kiwi.(cnn/hm07)