30 C
Medan
Tuesday, October 4, 2022
spot_img

Pasca Tabrakan, Inggris Tinjau Ulang Aturan Kekebalan Diplomatik

London | Mistar – Inggris pada Senin (21/10/19) mengatakan sedang meninjau ulang aturan kekebalan diplomatik untuk personel Amerika Serikat di pangkalan angkatan udara setelah seorang warga meninggal akibat kecelakaan mobil yang dikendarai istri seorang diplomat AS.

Harry Dunn, 19 tahun, meninggal pada Agustus di dekat RAF Croughton, pangkalan di daerah Northamptonshire, Inggris, yang digunakan militer AS. Warga Amerika bernama Anne Sacoolas sudah pergi dari Inggris pascainsiden tersebut.

“Saya telah menugaskan peninjauan ulang aturan imunitas bagi personel AS dan keluarga mereka di Croughton,” kata Menteri Luar Negeri Dominic Raab di hadapan parlemen.

“Seperti yang ditunjukkan kasus ini, saya tidak yakin aturan yang ada saat ini sudah tepat dan peninjauan tersebut akan melihat pada bagaimana kita dapat meyakinkan bahwa aturan di Croughton tidak dapat dipakai dengan cara ini lagi.”

Pemerintah diperingatkan oleh Amerika Serikat bahwa Sacoolas akan meninggalkan Inggris, kata Raab.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mendesak Presiden Donald Trump agar mempertimbangkan keputusan yang memperbolehkan Sacooles menggunakan imunitasnya untuk meninggalkan negara tersebut.

Trump menemui orang tua Dunn pada awal Oktober ini di Washington, dengan menyebutkan pertemuan mereka “menyedihkan” namun “indah”. Dalam wawancara berikutnya, keluarga itu mengatakan mereka merasa tertekan untuk membiarkan perempuan AS itu bergabung dalam sesi tersebut.

Sumber: Reuters/Antara
Editor: Luhut SImanjuntak

Related Articles

TRENDING NOW

Warga Dairi Demo ke Gedung DPRD, Ini Tujuannya

Dairi, MISTAR.ID Puluhan warga Kabupaten Dairi kembali melakukan aksi demo terkait pembahasan P-APBD 2022 ke Gedung DPRD Dairi di Jalan Sisingamangaraja, Sidikalang, Senin (3/10/22). Namun...

Polsek Bosar Maligas Salurkan Sembako ke Warga Terdampak Kenaikan Harga BBM

Simalungun, MISTAR.ID Kapolsek Bosar Maligas Resort Simalungun AKP Restuadi bersama Binmas dan Bhabinkamtibmas menyalurkan bantuan sosial (Bansos) berupa paket sembako guna meringankan beban warga yang...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: