26.7 C
Medan
Sunday, October 2, 2022
spot_img

PAKAIAN DALAM BAGHDADI JADI PETUNJUK PENYERBUAN PASUKAN AS

Beirut, MISTAR.ID – Celana dalam milik Abu Bakr al-Baghdadi yang diselundupkan penyamar dan kemudian dites DNA dipakai sebagai pemastian jati diri Baghdadi sebelum pasukan Amerika Serikat melakukan penyerbuan untuk membunuh pemimpin ISIS itu, kata seorang penasihat Pasukan Demokratik Suriah, Senin (28/10).

Penasihat senior SDF pimpinan Kurdi, Polat Can, memberikan keterangan rinci di Twitter soal bagaimana hasil kerja SDF membantu upaya untuk melacak lokasi Baghdadi.

Kematian Baghdadi telah diumumkan oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Minggu (27/10).

“Sumber kami sendiri, yang berhasil menjangkau al-Baghdadi, mengambil celana dalam Baghdadi agar dapat dilakukan tes DNA dan memastikan (100%) bahwa orang yang diincar itu memang al-Baghdadi sendiri,” kata Can.

Trump sebelumnya mengatakan bahwa pasukan Kurdi itu memberikan beberapa informasi “yang sangat membantu” bagi penyerbuan tersebut.

Can mengungkapkan bahwa SDF sudah bergerak sejak 15 Mei bersama CIA untuk melacak keberadaan Baghdadi, juga berhasil memastikan bahwa Baghdadi sudah pindah dari Deir al-Zor di Suriah timur ke Idlib, wilayah tempat ia akhirnya terbunuh.

Ketika operasi militer berlangsung, Baghdadi berniat akan pindah ke Kota Jarablus di Suriah, kata Can.

“Semua informasi intelijen dan akses menuju al-Baghdadi, juga identifikasi tempat keberadaannya, adalah hasil kerja kami. Sumber intelijen yang kami miliki terlibat mengirimkan koordinat, mengarahkan penerjunan payung, ikut serta dalam operasi dan membuat penyerbuan itu berhasil sampai akhir,” ujar Can.

Sumber: Reuters/Antara
Editor Luhut Simanjuntak

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

Kadishub ke Wartawan di Sidang Paripurna HUT ke-75 Dairi: Apa Foto-foto,...

Dairi, MISTAR.ID Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Dairi Parulian Sihombing berlagak seperti preman dan terkesan arogan kepada wartawan mistar.id bernama Julius Manurung. Seperti yang terjadi saat...

Jokowi Minta Kapolri Usut Tuntas Tragedi Stadion Kanjuruhan

Jakarta, MISTAR.ID Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyesalkan terjadinya tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, yang menewaskan 129 orang. Jokowi meminta kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: