25 C
Medan
Saturday, May 21, 2022
spot_img

Kabar Terkini Pandemi Covid-19 Dunia

Beijing, MISTAR.ID

Kabar terbaru tentang pandemi Covid-19 dari berbagai belahan dunia. Berikut paparannya.

Asia-Pasifik

* China bersiaga tinggi di pintu-pintu masuk internasionalnya untuk mengurangi risiko kasus Covid-19 dari luar negeri jelang pelaksanaan Olimpiade Musim Dingin Beijing sekitar 100 hari lagi.

* Korea Selatan membuka pusat-pusat karantina untuk mengantisipasi ribuan remaja yang tertular Covid-19 jelang ujian masuk perguruan tinggi dua pekan lagi.

Baca Juga:Mantan Menlu AS, Colin Powell Meninggal Dunia karena Covid

Timur Tengah dan Afrika

* Afrika Barat dan Tengah bisa mengalami lonjakan kasus HIV dan kematian akibat AIDS dalam beberapa tahun ke depan akibat gangguan pada layanan kesehatan yang terhantam pandemi. Hal itu disampaikan Direktur Pelaksana Badan AIDS PBB.

Amerika

* Presiden AS Joe Biden mulai 4 Januari akan mewajibkan vaksinasi Covid-19 bagi karyawan perusahaan AS yang memiliki sedikitnya 100 pekerja atau mereka akan dites setiap minggu. Langkah itu mendapat tentangan dari gubernur-gubernur partai Republik yang menyebut Biden melangkahi kewenangannya.

Eropa

* Kasus harian Covid-19 di Jerman, Kroasia, Slovenia, dan Slovakia menyentuh rekor tertinggi.

* Kematian harian akibat Covid-19 di Rusia mencapai rekor. Sementara total kasus di Ukraina menembus 3 juta dan kasus harian di Polandia mencapai 15.000 untuk pertama kalinya sejak April.

Baca Juga:5 Juta Penduduk Dunia Tewas Akibat Covid-19

* Jumlah kasus rawat inap Covid-19 di Belgia kembali naik ke level sebelum lockdown pada Oktober 2020. Amerika Serikat menyarankan pelaku perjalanan untuk menghindari Belgia, negara tempat kantor pusat Uni Eropa dan NATO berada.

* Kasus baru Covid-19 di Austria melonjak mendekati rekor tahun lalu, yang membuka kemungkinan lockdown bagi warga yang belum divaksin ketika pemerintah berusaha meyakinkan masyarakat untuk menerima suntikan.

Perkembangan Medis

* Inggris menjadi negara pertama yang mengizinkan penggunaan obat antivirus Covid-19 yang dikembangkan Merck dan Ridgeback Biotherapeutics.

* Regulator obat Uni Eropa tengah membahas dengan AstraZeneca tentang kemungkinan pemberian izin bagi dosis penguat (booster) vaksin buatan perusahaan itu.

Dampak Ekonomi

* Saham-saham global melesat ke angka tertinggi setelah bank sentral AS memutuskan untuk mulai mengurangi program pembelian obligasi bulan ini.

* Pelonggaran bertahap pembatasan perjalanan internasional di Asia terbukti melegakan operator pariwisata di kawasan itu yang kembali membuka diri bagi pengunjung dari seluruh dunia, dengan satu pengecualian besar, China. (antara/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: