32 C
Medan
Saturday, July 2, 2022
spot_img

Hujan Picu Tanah Longsor di Brasil, 35 Orang Tewas

Jakarta, MISTAR.ID

Sedikitnya  35 orang tewas setelah hujan lebat hingga banjir terjadi di Brasil pada Jumat (27/5/22) dan Sabtu (28/5/22).

Tercatat 33 orang tewas di Pernambuco pada Sabtu (28/5/22) karena hujan memicu tanah longsor yang kemudian menyapu lingkungan perkotaan di lereng bukit. Sebanyak 765 orang lainnya terpaksa meninggalkan rumah mereka. Layanan darurat federal Brasil juga mengungkap otoritas Alagoas mencatat dua kematian. Demikian menurut akun Twitter resmi negara bagian itu.

Pada akhir Desember dan Januari lalu puluhan orang tewas dan puluhan ribu orang mengungsi saat hujan lebat mengguyur Bahia, yang terletak di timur laut Brasil. Sedikitnya 18 orang tewas ketika banjir di Sao Paulo.

Baca Juga:China Razia Makanan Impor Terpapar Corona

Pada Februari, hujan lebat di pegunungan Rio de Janeiro menewaskan lebih dari 230 orang. Ketika sebagian besar wilayah Brasil mengalami kekeringan parah selama sebagian besar 2021, hujan lebat yang tidak biasa mulai terjadi pada akhir 2021.

Banjir yang terjadi setelah hujan lebat sering mematikan. Situasi ini memicu perdebatan tentang dampak perubahan iklim pada pola cuaca yang tak stabil dan menyoroti perencanaan kota di Brasil yang dirasa serampangan. Sebagian besar kematian pada Jumat dan Sabtu terjadi di ibu kota Pernambuco, Recife. Perkotaan di Recife, sama seperti banyak wilayah di Brasil, dibangun di lokasi yang rentan tanah longsor.(cnn/hm15)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: