32 C
Medan
Friday, July 1, 2022
spot_img

Peringatan ! Botol Bekas Cairan Pembersih Tangan di Mobil Memicu Kebakaran

Wisconsin, MISTAR.ID

Sebuah departemen pemadam kebakaran di Wisconsin memperingatkan untuk tidak meninggalkan botol cairan pembersih tangan di dalam kendaraan karena suhu di luar bisa meningkat dan memicu kebakaran.
Seperti yang di posting di laman Facebook Distrik Pemadam Kebakaran Western Lake menuliskan bahwa sebagian besar cairan pembersih tangan berbahan dasar alkohol dan membuatnya mudah terbakar.

“Menyimpan botol berisi cairan pembersih tangan di mobil Anda selama cuaca panas dan terpapar matahari menyebabkan perbesaran cahayanya menembus melalui botol, terutama ketika sedang berdekatan dengan nyala api seperti ketika merokok di dalam kendaraan atau mobil berada di dekat pemanggang disaat sedang menikmati akhir pekan, dapat menyebabkan bencana.” demikian dinyatakan departemen tersebut.

Mereka juga menegaskan resiko meninggalkan botol plastik bening di mobil pada cuaca panas. “Kami sudah pernah membahas sebelumnya tentang botol air berwarna jernih yang disimpan di kendaraan Anda saat cuaca panas. Hal itu masih berlaku dan begitu juga dengan botol cairan pembersih tangan.

Postingan tersebut muncul sebagai respon dari banyaknya orang yang telah menumpuk botol-botol cairan pembersih tangan dalam beberapa bulan terakhir karena pandemi virus korona. Pejabat negara bagian dan federal merekomendasikan agar orang mencuci tangan secara rutin untuk mencegah penyebaran virus.

Sinar matahari akan menembus ke dalam wadah yang berisi cairan, dan akan bekerja seperti kaca pembesar. Sinar matahari memanfaatkan cairan tersebut untuk menciptakan sinar yang berfokus dan dipastikan akan menyebabkan kebakaran.

Melalui sebuah percobaan, Departemen Kebakaran Midwest mendapati bahwa cahaya matahari yang menembus sebuah botol air dapat mencapai suhu 250 derajat Fahrenheit. Cahaya tersebut dapat berfokus pada material yang terdapat di dalam mobil, seperti jok mobil atau alas mobil, dan dapat menyebabkan kebakaran. (TheEpochTimes/JA/hm06)

 

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: