26 C
Medan
Wednesday, June 29, 2022
spot_img

Banjir Bandang Terjang India, 12 Jenazah Dievakuasi, 18 Warga Masih Hilang

India, MISTAR.ID

Banjir bandang yang melanda Andhra Pradesh, India, Jumat (19/11/21) waktu setempat, membuat setidaknya 18 orang hilang dan belasan lainnya meninggal.

Dikutip dari AFP, tim penyelamat (SAR) memaparkan sudah mengevakuasi 12 jenazah usai sebuah bus tersapu banjir yang melanda bagian selatan India itu. Sementara, setidaknya 18 orang lainnya masih hilang.

Analis mengatakan cuaca ekstrem yang tidak terduga di seluruh Asia Selatan terjadi akibat perubahan iklim, yang diperburuk oleh pembendungan, penggundulan hutan dan pembangunan yang berlebihan.

Baca Juga:Banjir-Longsor Terjang India dan Nepal, 116 Orang Tewas

Naiknya permukaan air di Sungai Pamba, yang dianggap suci oleh para peziarah, memaksa pemerintah India untuk menghentikan aktivitas ziarah selama sehari. Demikian dilansir dari surat kabar Hindustan Times pada Sabtu (20/11/21).

Sebelumnya, puluhan orang tewas sejak Oktober di India setelah hujan lebat yang memicu banjir dan tanah longsor. Berdasar prakiraan cuaca, memaparkan hujan lebat akan terjadi di beberapa wilayah selatan.

Lantaran riwayat bencana itu, pada Jumat (19/11/21), pihak berwenang di negara bagian tersebut menghentikan jalur masuk ke Sabarimala, salah satu tempat suci umat Hindu, karena hujan lebat di daerah itu. Ratusan umat telah melakukan perjalanan ke Sabarimala sejak kuil dibuka minggu lalu untuk musim ziarah tahunan selama dua bulan. (detik/hm14)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: