23.9 C
Medan
Friday, September 30, 2022
spot_img

AS Jual 12 Jet Tempur F-16 Seharga Rp41,8 Triliun ke Filipina

Washington, MISTAR.ID

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) melalui Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan (DSCA) menyetujui penjualan 12 jet tempur F-16, 12 rudal AGM-84 Harpoon, dan 24 rudal AIM-9X Sidewinder, bersama peralatan lainnya seharga hampir USD2,9 miliar atau setara dengan Rp41,8 triliun ke Filipina.

Dari 12 unit F-16 yang akan dijual ke Filipina, dua di antaranya jet tempur F-16D dua kursi, dan 10 unit F-16C. Kontraktor utama untuk jet-jet tempur ini adalah Lockheed Martin. Sementara itu, rudal Harpoon akan ditangani Boeing, dan rudal Sidewinder akan ditangani Raytheon.

“Penjualan senjata asing akan mendukung kebijakan luar negeri dan keamanan nasional Amerika Serikat dengan membantu meningkatkan keamanan mitra strategis yang terus menjadi kekuatan penting bagi stabilitas politik, perdamaian, dan kemajuan ekonomi di Asia Tenggara,” kata DSCA dalam sebuah pernyataan, Jumat (25/6/21).

Baca Juga:Israel Kembali Gempur Gaza, Jet Tempur Serang Kompleks Militer

“Penjualan F-16 khususnya akan meningkatkan kemampuan Filipina untuk menghadapi ancaman saat ini dan masa depan dengan memungkinkan Filipina untuk mengerahkan pesawat tempur dengan amunisi presisi untuk mendukung operasi kontraterorisme di Filipina selatan,” lanjut badan tersebut.

Meski demikian, penjualan peralatan tempur ini masih membutuhkan persetujuan Kongres. F-16 yang berpotensi masuk ke layanan Angkatan Udara Filipina telah disebutkan selama bertahun-tahun. Pada tahun 2018, Presiden Filipina Rodrigo Duterte menolak gagasan itu dengan menyatakan “sama sekali tidak berguna.”

Namun, pada Desember 2019, Menteri Pertahanan Delfin Lorenzana menyebut F-16 sebagai salah satu dari dua pesawat potensial yang sedang dipertimbangkan untuk dibeli. Pada Desember 2020, Panglima Angkatan Bersenjata Filipina Jenderal Gilbert Gapay mengatakan kepada wartawan dalam konferensi pers bahwa ia berencana untuk menambahkan pesawat tempur multiperan ke armada sebelum masa jabatan Duterte berakhir pada 2022. F-16 akan menjadi pesawat tempur multiperan pertama Filipina. (sndo/hm12)

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

Irvanli Silalahi, Alumni SMAN 5 Pematang Siantar yang Raih Beasiswa Kuliah...

Pematang Siantar, MISTAR.ID Impian Irvanli Yosua Silalahi (18)  untuk bekerja di luar negeri makin jelas di depan mata. Pasalnya, alumni SMAN 5 Pematang Siantar ini...

Tergilas Tronton Usai Senggol Honda Supra di Batu Bara, Pengendara Vario...

Batu Bara, MISTAR.ID Bermaksud hendak mendahului sepeda motor  yang berada di depannya, pengendara bernama Erianto Girsang (36) beserta Honda Vario BK 2714 OAD yang ditungganginya...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: