26.7 C
Medan
Wednesday, September 28, 2022
spot_img

AS Bantah Tuduhan Visa Dijadikan ‘Senjata’ Oleh China

Washington | MISTAR.ID – Amerika Serikat pada Jumat membantah tuduhan China bahwa terselip motif politik di balik terlambatnya visa milik pejabat senior luar angkasa Beijing untuk menghadiri pembukaan konferensi internasional di Washington pekan ini.

Wu Yanhua, wakil pimpinan Badan Antariksa Nasional China, merupakan satu-satunya pejabat yang absen dalam panel International Astronautical Congress (IAC) pada Senin, yang turut dihadiri oleh kepala badan antariksa dari Jerman Rusia, India, Amerika Serikat, Prancis serta Jepang.

Pejabat China itu hadir dalam konferensi pada Jumat, hari terakhir, setelah mendapatkan visa.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, Rabu, menuturkan Amerika Serikat “menjadikan visa sebagai senjata, berulangkali mengabaikan tanggung jawab internasional mereka dan menghalangi pertukaran dan kerja sama internasional.”

Juru bicara Departemen Luar Negeri Morgan Ortagus mengatakan: Amerika Serikat menolak karakterisasi tak berdasar dari Kementerian Luar Negeri China atas kebijakan visa AS terhadap China.” Ia menambahkan bahwa mempersoalkan kasus visa perseorangan dilarang oleh undang-undang.

“Dalam semua penyelesaian visa kami, kami berkomitmen untuk memastikan keamanan nasional sambil juga memfasilitasi perjalanan yang sah,” katanya.

Percekcokan atas visa tersebut merupakan sengketa terbaru antara Beijing dan Washington, yang sudah terperangkap dalam sengketa dagang yang sengit. Mereka juga sudah lama berbeda pandangan soal isu HAM, sengketa Laut China Selatan dan Taiwan yang diklaim oleh China.

Moderator panel pada Senin mengatakan ketidakhadiran Yanhua dikarenakan adanya masalah penjadwalan. Juru bicara konferensi mengonfirmasi bahwa Yanhua tiba di AS untuk hadir.

Sementara itu, juru bicara China mengatakan pada Rabu bahwa China merupakan peserta penting dalam kongres tersebut dan mengutus delegasi setiap tahun.

Sumber: Reuters/Antara
Editor: Luhut Simanjunta

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

NU Sarankan Legislatif dan Eksekutif Duduk Bersama Bahas P-APBD Dairi

Dairi, MISTAR.ID Ketua Nahdatul Ulama (NU) Kabupaten Dairi Tuppak Padang angkat bicara terkait belum dibahasnya Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (P-APBD) Tahun Anggaran 2022 Kabupaten...

PU Simalungun Dapat Penambahan Anggaran 43,2 M

Simalungun, MISTAR.ID Komisi II DPRD Simalungun, menyampaikan sejumlah laporan saran dan rekomendasi ke Badan Anggaran dalam pembahasan P-APBD TA 2022 Kabupaten Simalungun. Dalam rekomendasi yang dibacanakan...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: