26 C
Medan
Tuesday, June 28, 2022
spot_img

Usaha Budi Daya Ikan Mas, Hantarkan 7 Putra-Putri Hingga Sarjana

Perdagangan | MISTAR.ID– M.Siringo-ringo (60) warga Huta I Nagori Bandar Rakyat, Kecamatan Bandar, Kabupaten Sumalungun, dikenal sebagai seorang sosok yang berhasil menjalankan bisnis perikanan di daerahnya.

Bermodal kesabaran dan keyakinan, pria kelahiran 60 tahun silam itu, tak pernah surut dalam semangat menekuni usaha budi daya ikan mas yang dikelolanya. Pun tidak sedikit suka dan duka dilalui.

Ditemui Mistar di kolam ikannya, Sabtu (23/11/19), Sirongo-ringo berkisah, pertama kali ia menggeluti usaha tersebut pada tahun 1994, dengan modal seadanya. Seiring berjalannya waktu, dengan kesabaran dan kegigihannya ia mampu mengembangkan usahanya.

Pria paruh baya itu mengatakan, dalam sebulan ia mampu melayani permintaan konsumen hingga mencapai 4 ton, dengan harga Rp28.000/kg.
“Bersyukur pada Tuhan bang, semua kebutuhan hidup dan keluarga tercukupi dari usaha ini,” katanya sambil memberikan makan ikan di kolam dekat rumah tinggalnya.

Bahkan 7 putra putrinya mampu disekolahkan hingga jenjang sarjana, dan yang terakhir bulan Desember ini akan diwisuda.
Lanjutnya, kunci dari buah kesuksesan hanya mungkin diperoleh dengan kesabaran.

“Dalam dunia usaha harga pasar selalu naik turun, kalo harga pasar bagus ya keuntungan yang didapat pun lumayan, namun saat ini harga penjualan ikan mengalami penurunan dari Rp35.000 menjadi Rp28.000 per kilogramnya,” kata pria yang juga memiliki pasar penjualan ikan di Perdangan itu.

Reporter: Syahrial
Editor: Luhut Simanjuntak

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: