26 C
Medan
Tuesday, June 28, 2022
spot_img

Selai Tabo Harimonting Bawa SMA RK Budi Mulia Pematangsiantar Juara III Lomba Bisnis Plan

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Sekolah Menengah Atas (SMA) RK Budi Mulia Pematangsiantar berhasil meraih juara tiga dalam perlombaan Bisnis Plan yang diselenggarakan Budi Mulia Cup 2022 Jakarta Tingkat Nasional dengan mengangkat tema “Dedicate Effort and Skill to Ignite a New You (DESTINY)”.

Adapun siswa SMA RK Budi Mulia Pematangsiantar yang ikut dalam perlombaan tersebut, yaitu Johannes Turnip, Debora Sinaga dan Nesia Simbolon. Ketiga siswa ini membuat inovasi buah harimonting menjadi selai atau yang disebut dengan Selai Tabo Harimonting (Sebohai).

Lomba tersebut diselenggarakan secara virtual (online) yang diikuti oleh SMA se Indonesia. Kegiatan tersebut dilaksanakan sebelum bulan Ramadhan lalu. Mulai dari pengumuman proposal, pengumuman finalis dan terakhir final, serta pengumuman para juara.

Baca Juga:UAS SMA/SMK Berakhir, Polres Toba Bubarkan Kerumunan Aksi Coret-coret

Guru pembina untuk siswa SMA RK Budi Mulia Pematangsiantar, Egi Samosir mengatakan, Budi Mulia Cup 2022 diselenggarakan di Jakarta yang pelaksanaannya secara virtual. Dalam perlombaan tersebut, ada beberapa bidang yang dilombakan. Salah satunya Bisnis Plan. Dimana, pesertanya dari seluruh SMA yang ada di Indonesia, termasuk SMA RK Budi Mulia Pematangsiantar.

“Dalam perlombaan bisnis plan tersebut, sekolah yang masuk final adalah sekolah unggulan seperti  SMA Penabur 1, SMA Penabur 3, SMA Penabur 6, SMA St Carolus Surabaya, termasuk SMA Budi Mulia Pematangsiantar,” kata Egi saat dijumpai di ruang kerjanya, Kamis (5/5/22).

Egi menjelaskan, pada perlombaan bisnis plan itu peserta harus mampu menemukan sebuah bisnis yang sifatnya masih original, bukan meniru. Beranjak dari pengalaman SMA Budi Mulia Pematangsiantar sebelumnya, yaitu pada tahun 2021 menjadi juara kedua, pihaknya pun berusaha agar terus mempertahankan kemenangan ini. Meskipun akhirnya untuk tahun 2022 ini juara tiga dengan skor 85,8 point, selisih nilai 0,1 point dengan peringkat kedua.

Baca Juga:SMA Swasta Budi Mulia Pematangsiantar Juara Tiga Cerdas Cermat

Lebih lanjut, terang dia, pada perlombaan bisnis plan tahun ini SMA Budi Mulia Pematangsiantar mengangkat potensi Sumatera Utara yang berasal dari tumbu-tumbuhan, yaitu buah harimonting. “Kenapa kami memilih tumbuhan harimonting ? karena harimonting adalah tumbuhan liar yang tidak mempunyai nilai ekonomis,” kata Egi.

“Melalui inovasi ini anak-anak sudah mencoba bahwa harimonting bisa menjadi selai, jadi hasil percobaan yang ditemukan, anak-anak memberi nama ‘Selai Tabo Harimonting (Sebohai)’.  Dengan Sebohai ini, SMA Budi Mulia Pematangsiantar mendapat juara tiga tingkat nasional,” tambah Egi.

Egi menuturkan, atas inovasi tersebut, dirinya sedang berfikir dalam pemasaran Sebohai di Indonesia. Rencananya, kedepannya apa yang sudah diperoleh anak-anak SMA Budi Mulia tersebut, pihaknya sedang menjajaki kepada pemodal dalam hal pemasaran.

Baca Juga:Rachael Tambunan, Siswi SMA RK Budi Mulia Siantar Juara 1 Lomba Pidato Raja Sangnaualuh

“Karena secara ekonomi yang dulunya harimonting itu tumbuhan liar, kalau ini bernilai ekonomis maka akan terjadi budidaya ekonomi di daerah Tapanuli Utara, serta daerah Samosir. Karena di daerah tersebutlah dapat ditemukan tumbuhan ini yang nilai ekonomisnya tidak ada,” tukas dia.

Sementara Johanes Turnip, salah seorang siswa Budi Mulia yang ikut dalam perlombaan Bisnis Plan mengatakan, Harimonting yang merupakan tumbuhan liar memang agak sulit ditemukan. Tetapi berkat guru pembimbing, buah tersebut akhirnya didapat dan langsung diolah menjadi selai.

“Dengan waktu yang agak singkat, berkat bantuan kakak kelas saya yaitu Debora Sinaga dan Nesia Simbolon yang Ikut serta menuntun serta mengajari saya, akhirnya inovasi Sebohai berhasil dan kami meraih peringkat ketiga tingkat nasional dalam lomba bisnis plan 2022,” kata Johanes yang merupakan siswa kelas XI IPS SMA RK Budi Mulia ini.

Baca Juga:SMA RK Budi Mulia Pematangsiantar Laksanakan Ujian Sekolah Berbasis Online 

Dikatakan Johanes, Sebohai bisa bernilai ekonomis karena hal ini unik dan jarang ditemukan. Bahkan belum ada sama sekali ditemukan di pasaran. Di samping khasiatnya serba guna, manfaatnya juga sangat bagus.

“Semoga banyak yang tahu bahwa harimonting ini bisa bernilai ekonomis. Untuk adik-adik kelas agar lebih inovatif dan kreatif lagi di bisnis plan selanjutnya,” pungkas Johanes.(yetty/hm15)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: