30.6 C
Medan
Monday, May 23, 2022
spot_img

Sebagai Agen Perubahan, Deli Serdang Gelar Penganugerahan Inovasi Perangkat Daerah

Deli Serdang, MISTAR.ID

Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar mengatakan, inovasi merupakan salah satu aspek penting dalam pembangunan daerah yang berkelanjutan. Bahkan menjadi kunci utama dalam upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Termasuk meningkatkan pelayanan publik serta mampu mendorong daya saing daerah. Karena itu, para OPD teruslah berinovasi,” kata HM Ali Yusuf Siregar pada Penganugerahan Inovasi Perangkat Daerah Kabupaten Deli Serdang tahun 2021 di Aula Cendana lantai II Kantor Bupati, Kamis (16/12/21).

Menurut Yusuf Siregar, inovasi dapat menyelesaikan persoalan yang ada di daerah. Dengan inovasi, maka percepatan kinerja aparatur dan pemerintah daerah dapat berjalan lebih baik. Sehingga kebiasaan atau pun cara lama yang selama ini telah baik, semakin dioptimalkan.

Baca Juga:Disdik Deli Serdang Sosialisasikan Standar Pelayanan PAUD 

“Saya mengimbau kepada kepala perangkat daerah melalui Kepala Bappeda untuk melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap pencapaian dan perkembangan inovasi yang telah ada selama ini,” ujarnya.

Wabup juga mengucapkan terimakasih kepada Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri yang telah memberikan motivasi dukungan dan pembinaan kepada Pemkab Deli Serdang. Sehingga bisa mewujudkan dan mendorong perangkat daerah terus berinovasi.

Tim Juri Dewan Riset Daerah Prof Dr Harmein Nasution dalam sambutannya mengatakan, di era perubahan teknologi yang sangat cepat saat ini akan berlangsung secara kontiniu. Maka harus melakukan inovasi di berbagai bidang, khususnya bagi pemerintah daerah yang bertindak sebagai agen perubahan di daerahnya masing-masing.

“Inovasi bukanlah milik dunia bisnis dan dunia industri semata dimana dunia industri harus melakukan perbaikan design, perbaikan proses produksi teknologi dan sebagainya. Tetapi juga sangat diperlukan bagi perangkat daerah agar jalannya sistem pemerintahan sebagai agen perubahan menjadi lebih baik, efisien dan efektif. Itulah tujuan dilakukannya peringkat inovasi di setiap provinsi maupun pemerintah kabupaten-kota,” ungkap Prof Harmein Nasution seraya mengapresiasi Pemkab Deli Serdang atas lomba inovasi yang dilakukan.

Baca Juga:Meja Rusak Disdik Deli Serdang Akhirnya Disimpan di Gudang

Sementara Kepala Balitbang Kementerian Dalam Negeri Dr Agus Fathoni melalui virtual memberi apresiasi kepada Pemkab Deli Serdang yang memberikan penghargaan kepada kepala OPD yang banyak melakukan inovasi.

Inovasi merupakan jawaban atas tantangan di masa pandemi Covid-19 dan era revolusi industri 4.0 yang harus melakukan inovasi. Regulasi inovasi sudah cukup lengkap dari mulai UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, Permendagri dan Perpres. Sehingga regulasi ini dapat dijadikan daerah untuk terus melakukan inovasi.

Sebelumnya, Ketua Panitia Kepala Bappeda Deli Serdang Remus H Pardede dalam laporannya menjelaskan, pelaksanaan lomba inovasi Perangkat Daerah Kabupaten Deli Serdang telah dilakukan dengan tahapan pengumpulan inovasi berjumlah 147 melalui aplikasi. Kemudian dilakukan penyeleksian dan penjaringan menjadi 34 inovasi. Selanjutnya penilaian oleh tim juri diperoleh 12 inovasi sebagai finalis lomba yang kemudian dilakukan penilaian kembali melalui presentasi atau paparan Kepala OP masing-masing secara daring/online via zoom meeting dan akhirnya menghasilkan 4 inovasi nilai tertinggi.

Hadir dalam kegiatan itu Kepala Balitbang Sumut Harianto Butar-butar, para asisten, Staf Ahli Bupati dan pimpinan OPD.(rinaldi/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: