25 C
Medan
Wednesday, May 25, 2022
spot_img

Program Kelapa Muda untuk Kesejahteraan Perempuan dan Desa Layak Anak

Batu Bara, MISTAR.ID

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) menggelar peluncuran dan pengenalan Program Kelas Perempuan Mandiri Berbudaya (Kelapa Muda).

Acara ini dihadiri Bupati Batu Bara H Zahir didampingi Ketua TP-PKK Ny Maya Indriasari Zahir bersama dengan sejumlah bupati/wali kota di Sumut di Aula Pertemuan Le Polonia Medan Polonia Medan, Senin (13/12/21).

Program kelas perempuan mandiri berbudaya ini diluncurkan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi. Program ini dibentuk untuk kesejahteraan perempuan, kemajuan desa dan desa yang layak untuk anak.

Baca Juga:Bupati Batu Bara Ajak Warga Manfaatkan Lahan Kosong

Hal tersebut dinilai dari jumlah perempuan yang lebih tinggi dari laki-laki di tiap desa di Sumatera Utara. Sehingga pemerintah perlu menyiapkan kelas perempuan untuk memberikan pendidikan, pemberdayaan dan perlindungan lebih kepada perempuan dan anak.

Program ini nantinya akan diterapkan di tiap desa dan kelurahan di kabupaten dan kota di Sumut untuk membentuk satu kelompok Kelas Pemberdayaan Perempuan (Sekolah Perempuan) dan memberikan kenyamanan untuk tumbuh kembang anak.

Bupati Batu Bara H Zahir mengatakan untuk mendukung program Pemprov Sumut, pihaknya sebelumnya telah menyiapkan sejumlah program kerja untuk perempuan dan anak. Program kerja tersebut meliputi program kerja Bunda PAUD di Bidang Pendidikan yang telah dibentuk di 12 kecamatan dan pemberian bantuan alat produksi UMKM untuk mendorong ekonomi rumah tangga.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumatera Utara, Nurlela mengatakan program ini nantinya akan dilaksanakan dengan dukungan fasilitator dari Universitas di Sumatera Utara yang bersinergi dengan fasilitator di desa-desa. (ebson/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: