24.4 C
Medan
Saturday, May 21, 2022
spot_img

Prodi S3 Linguistik USU Pertama Kali Lahirkan Doktor dari Prodi Mandarin

Medan, MISTAR.ID

Program Studi S3 Linguistik Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sumatera Utara (USU) melahirkan doktor dari program studi mandarin untuk pertama kalinya.

Hal itu didapat setelah Dr Tengku Kasa Rullah Adha berhasil mempertahankan disertasinya dalam ujian Promosi Doktor (Sidang Terbuka), Kamis (9/12/21).

Dosen yang kini menjabat sebagai Sekretaris Prodi Bahasa Mandarin FIB USU itu mempertahankan disertasinya yang berjudul ‚ÄúProses Penentuan Kompetensi Mahasiswa Mandarin ke Bahasa Indonesia: Studi Kasus Program Studi Bahasa Mandarin Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara”.

Baca Juga:Mahasiswa Internasional USU Program Summer Course Pelajari Kebudayaan di Medan

Ketua Prodi Linguistik FIB USU Dr Mulyadi mengatakan, keberhasilan Tengku Kasa menjadi doktor pertama dari program studi Mandarin akan menjadi pemicu lahirnya doktor berikutnya.

“Saya berharap dengan pencapaian prestasi yang dilakukan oleh Dr Gengku Kasa dapat memperkuat sumber daya manusia yang ada di Prodi Mandarin khususnya dan FIB USU pada umumnya,” ujarnya.

Sementara itu, Dr Tengku Kasa Rullah Adha mengatakan, dalam disertasinya ia melihat bagaimana mahasiswa bisa atau tidak menjadi seorang penerjemah, khususnya dalam kompetensi mereka. “Karena kita lihat sekarang banyak diminta menjadi penerjemah dalam dunia kerja, jadi saya melihat potensi mahasiswa saya menjadi penerjemah,” katanya.

Baca Juga:USU Tingkatkan Hospitality Standard untuk Masuk Peringkat 500 QS WUR

Dia juga mengungkapan, setelah ini akan fokus meningkatkan kompetensi mahasiswa FIB untuk dapat bersaing di dunia kerja nasional maupun internasional. “Saya akan memberikan yang terbaik agar Program Studi Mandarin bisa lebih maju,” tegasnya.

Rektor USU Dr Muryanto Amin melalui Wakil Rektor I Dr Edy Ikhsan mengucapkan selamat kepada Dr Tengku Kasa Rullah Adha yang telah meraih gelar tertinggi akademik. “Semoga ilmu yang didapat bisa bermanfaat untuk orang lain, khususnya untuk kemajuan USU secara umum dan khususnya Prodi Bahasa Mandarin FIB USU,” pungkasnya. (ial/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: