28.9 C
Medan
Wednesday, December 8, 2021
spot_img

Lurah Kebun Sayur Siantar Salurkan Bantuan Sembako pada Gelandangan

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Sebagai bentuk kepedulian bagi warganya, Lurah Kebun Sayur, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematangsiantar Plh Renol Hutagalung, menyalurkan bantuan paket sembako kepada Berhat Panjaitan, seorang gelandangan di wilayah kerjanya, Jumat (15/10/21).

Adapun bantuan yang diberikan berupa beras, minyak, gula, serta peralatan rumah tangga seperti baskom ataupun ember. “Bantuan sembako ini diberikan untuk membantu Berhat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Diharapkan bantuan ini dapat meringankan bebannya di tengah pandemi seperti saat ini,” ujar Renol Hutagalung, Jumat (15/10/21) .

Dia menjelaskan, awalnya ada laporan dari warga tentang Berhat. Pria ini sudah lama tinggal di Kelurahan Kebun Sayur. Bahkan ia juga diketahui memiliki keluarga yang lain. Hanya saja sekarang hidup sebatang kara. Keluarganya pergi meninggalkannya sendirian.

Baca Juga:Pedagang di Batu Bara Dapat Bantuan Sembako

Sejak pria tersebut hidup sendiri, lanjut Renol, untuk makan setiap harinya, Berhat dibantu warga sekitar. Mereka merasa terpanggil untuk membantu sesama, mulai memberi makan setiap hari hingga memandikannya.

“Sebenarnya dia dikategorikan sebagai warga yang tidak mampu. Sayangnya, dia tidak bisa menerima satupun dari skema bansos yang ada. Sebab, data-datanya tidak lengkap. Apalagi dengan kondisinya seperti itu harus ada pihak keluarga yang mewakilinya. Itupun harus menunjukkan bukti yang akurat seperti kartu keluarga misalnya,” jelas Lurah Kebun Sayur tersebut.

Biasanya, kata Renol, menurut pengakuan warga sekitar, Berhat tidak terlalu meresahkan masyarakat. Meskipun begitu, Berhat juga terkadang sering mengamuk dengan berbicara kencang. Di saat seperti itulah, sering timbul juga keresahan di pikiran warga sekitarnya.

Baca Juga:Warga Bagan Deli Dapat Bantuan Sembako

Lantas, apakah upaya selanjutnya dari yang akan dilakukan Kelurahan Kebun Sayur? Dia menjawab, saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan Camat dari Siantar Timur serta Dinas Sosial Pematangsiantar. Dengan koordinasi yang baik akan menentukan dan mempermudah langkah pelayanan kepada Berhat secara cepat, tepat, dan efektif.

“Kami tidak ingin pula disalahkan oleh keluarga dari Berhat dikemudian hari. Maka dari itu, kami saat ini sedang berupaya menghubungi pihak keluarga. Kami harus minta persetujuan dulu agar ia dibawa ke tempat dia akan dirawat melalui Dinas Sosial Kota Pematangsiantar,” ungkap Renol berharap agar pihak keluarga segera menghubunginya. (yetty/hm12)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,100FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: