25 C
Medan
Wednesday, May 25, 2022
spot_img

Ini 5 Rutinitas Pagi Untuk Memacu Semangat #dirumahaja

Jakarta, MISTAR.ID

Di awal penerapannya, sistem work from home atau istilah lain dengan tagar #dirumahaja, membutuhkan penyesuian. Rasa jenuh sudah pasti, tapi ada baiknya lho. Setidaknya, tidak perlu takut untuk terlambat.

Bagi yang bekerja, setiap bangun pagi jangan memilih tak mandi ya. Lalu duduk membuka laptop. Rutinitas ini ternyata kurang tepat.

Berikut ada rutinitas pagi yang layak dicoba selain bangun lebih pagi.

1. Mulai hari dengan air putih
Minum air putih selalu jadi saran untuk menjaga fungsi tubuh tetap normal. Kurang asupan cairan bakal menimbulkan dehidrasi dengan sederet gejala yang akan mengganggu pekerjaan termasuk sakit kepala dan lemas.

Siapkan air putih di dekat tempat tidur agar tak perlu repot ke dapur. Rutin minum air putih setiap bangun pagi akan membuat pagi lebih segar dan menghindarkan kebiasaan menekan tombol ‘snooze’.

Bertepatan dengan Ramadan 2020 ini, jika anda termasuk orang yang menjalankan puasa maka pastikan tubuh anda cukup minum air putih saat sahur. Setelah sahur, jangan tidur lagi. Anda bisa jalan-jalan kecil mengitari rumah atau menggerak-gerakkan tubuh.

2. Gerakkan badan
Matikan alarm dan segera jauhkan diri dari hasrat untuk membuka media sosial. Balas pesan-pesan yang kira-kira memang perlu segera dibalas. Usahakan untuk tidak banyak menghabiskan waktu dengan gawai. Sebaiknya segera beranjak dari kasur dan gerakkan badan.

Ajak tubuh bergerak misalnya dengan berjalan keluar kamar atau peregangan. Jika memungkinkan, lakukan olahraga ringan. Anda bisa mengakses petunjuk olahraga di media sosial. Kini banyak tempat olahraga mengalihkan kelas mereka ke kelas daring.

3. Mandi
Karena tak harus berdandan dan berbusana rapi bukan berarti anda tidak mandi selama #dirumahaja. Mandi dan berbusana layak akan membuat lebih fokus. Jika sedang berpuasa, pastikan tubuh mendapat asupan gizi dan makanan sehat saat sahur. Jika Anda sedang tak puasa, maka lakukan sarapan.

Mulai hari dengan sesuatu yang menyenangkan, misalnya memutar musik favorit atau podcast. Putar musik ketika olahraga, saat sarapan dan juga saat melakukan pekerjaan rumah.

4. Tetapkan target
Sebelum bekerja, selesaikan pekerjaan rumah semisal cuci piring, menyapu dan menyiapkan meja kerja. Setelah itu, tetapkan target-target yang ingin dicapai hari ini. Buat daftar, tulis target-target yang realistis. Pikirkan apa saja yang perlu dilakukan untuk mencapainya.

Daftar tak perlu panjang, coba mulai dari lima target dan pastikan memaksimalkan semuanya.

5. Batasi keputusan
Sebaiknya batasi keputusan yang harus dibuat di pagi hari. Sebisa mungkin siapkan segala sesuatunya di malam hari seperti sarapan, baju bahkan makan siang. Makin sedikit keputusan yang dibuat saat pagi, makin banyak waktu yang dihabiskan untuk hal-hal yang penting dan membuat bahagia.

Sumber: CNNIndonesia
Editor: Mahadi

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: