26.8 C
Medan
Wednesday, January 26, 2022
spot_img

Gebyar dan Sarasehan GP3M Disdik Siantar Dorong Perempuan Lebih Mandiri

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Pemerintah Kota Pematangsiantar melalui Dinas Pendidikan menggelar Gebyar dan Sarasehan Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Mandiri (GP3M) di Siantar Hotel, Senin (1/11/21).

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pematangsiantar Plt Rosmayana Marpaung didampingi Kabid PAUD dan Pendidikan Menengah, Lusamti Simamora dalam laporannya menyampaikan, tujuan kegiatan tersebut dilakukan adalah untuk mensosialisasikan peningkatan keterampilan dengan sasaran perempuan, dalam rangka memenuhi taraf hidup sesuai dengan potensi daerah. Serta memberikan bekal perempuan mandiri dari berbagai aspek dan meningkatkan ekonomi keluarga melalui kegiatan pendidikan.

“Sebagai pendidikan pemberdayaan perempuan mandiri diharapkan nantinya bisa memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan khususnya perempuan marginal dari berbagai aspek kehidupan,” ucapnya.

Baca Juga:Bebaskan Sekolah dari Narkotika, Cabdisdik Siantar Gandeng BNN

Dia juga menjelaskan, Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Mandiri merupakan gerakan untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan sebagai ibu rumah tangga, pendidik pertama dan utama diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup keluarga yang berimbas kepada peningkatan pendidikan dan kualitas hidup ke generasi berikutnya.

Pandemi Covid-19 hampir membuat semua orang dan terutama perempuan-perempuan atau para ibu-ibu yang terdampak, maka dengan gerakan ini dapat memberikan peluang, dan penguatan kepada perempuan untuk mendapatkan pendidikan. “Dengan kemandirian kaum perempuan, ekonomi keluarga akan bangkit dan bisa mengurangi angka kemiskinan di Kota Pematangsiantar,” sebut Rosmayana.

Dia juga menerangkan bahwa kegiatan GP3M tersebut diisi dengan pameran seluruh produk-produk keterampilan dari 10 Lembaga Penyelenggara Program Pendidikan Kecakapan Hidup Perempuan dan satu lagi dari Lembaga Penyelenggara Program Desa Vokasi.

“Baik berupa produk makanan ringan, maupun kerajinan tangan hasil karya para ibu-ibu rumah tangga,” ujarnya.

Baca Juga:Wakil Wali Kota Medan, Aulia: Setop Kutipan di Jajaran Dinas Pendidikan

Dalam acara ini Wali Kota Pematangsiantar Hefriansyah, memberikan sambutan sekaligus membuka acara secara resmi. Beliau menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah menyambut positif kegiatan Sarasehan GP3M yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan. Serta mengucapkan terima kasih atas dukungan Dirjend PAUD dan Dikmas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

“Untuk itu saya berharap, dengan pelaksanaan program ini kaum perempuan dapat mandiri dan membangkitkan ekonomi keluarga. Apalagi kini dimasa pandemi Covid-19, mau tidak mau ekonomi kita sedikit menurun. Untuk itu, mari kita manfaatkan bagian dari solusi. Bersama program ini sebagai bagian dari solusi,” ujarnya. (yetty/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: