31 C
Medan
Sunday, May 29, 2022
spot_img

Asosiasi Sineas Medan Dideklarasikan

Medan, MISTAR.ID

Asosiasi Sineas Medan yang menjadi sinergi perfilman di kota ini dideklarasikan pada di Literacy Coffee Medan pada Sabtu 22 Januari 2022 lalu. Asosiasi profesi perfilman ini diinisiasi dan dideklarasikan oleh sineas-sineas Medan yakni Djenni Buteto, Sri RM
Simanungkalit, Avena Matondang, Bahana Damayana, dan Kiki Nasution.

Djenni Buteto sebagai ketua terpilih untuk Asosiasi Sineas Medan. Dia menyebutkan kehadiran asosiasi sebagai upaya membangun ekosistem perfilman di Kota Medan yang baik dan maksimal. “Apa yang kita lakukan ini adalah momentum praktik atas manifesto yang turut serta menjadi bagian dari deklarasi. Diharapkan organisasi ini menjadi kekuatan bagi gerakan yang sinergi bersama para sineas dan stakeholder perfilman di Medan,” ujar Djenni, melalui keterangan tertulisnya, Rabu (26/1/22).

Sementara itu, Avena Matondang, yang terpilih menjadi Sekretaris, menambahkan manifesto Asosiasi Sineas Medan mencakup beberapa hal utama, yakni mendukung ekosistem sinema yang sehat dan berkelanjutan, membangun jaringan sinema yang kuat dan menyeluruh, juga keterbukaan dan aksesbilitas sinema. Dan terakhir, menghasilkan karya sinema dengan identitas Kota Medan.

Baca juga: Film Dokumenter Sang Penari, Bangkitkan Kebudayaan Simalungun dan Semangat Juang Disabilitas

“Saat ini Film Indonesia semakin menarik dan berprestasi di festival-festival internasional. Ini memicu kami untuk menggalang kekuatan para sineas Medan untuk turut membuat film bagus dan berprestasi mengingat sejarah mencatat perfilman di kota kita tercinta ini pernah menjadi barometer perfilman nasional di era 70-80-an,” ujar Avena.

Dalam waktu dekat, Asosiasi Sineas Medan akan menggelar rapat strategic planning untuk menentukan program kerja jangka pendek, menengah, dan panjang. Program kerja ini akan mencakup 3 program utama yakni pelatihan untuk peningkatan kapasitas sineas, kajian atau analisis film, serta ekshibisi.

“Kami membuka pintu lebar-lebar bagi teman-teman sineas Medan untuk bergabung. Mari kita majukan perfilman di Medan, bersama-sama membuat film bagus, menikmati film bagus, serta menjual film bagus karya anak Medan,” pungkas Djenni. Diharapkan dengan
terbentuknya Asosiasi Sineas Medan ini bisa membangkitkan perfilman Medan. (anita/hm09)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: