22.5 C
Medan
Monday, December 6, 2021
spot_img

Ingin Jadi Peserta Kartu Prakerja? Ini Syarat dan Caranya

Jakarta, MISTAR.ID

Pemerintah sekarang ini member kesempatan bagi warga Negara Indonesia untuk masuk menjadi peserta Program Kartu Prakerja. Hal itu dikatakan Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari.

Golongan yang boleh menjadi peserta Program Prakerja itu, adalah WNI berusia 18 tahun ke atas baik pencari kerja maupun lulusan baru, korban PHK, karyawan maupun pelaku wirausaha namun tidak sedang mengikuti pendidikan formal, tidak tercatat di DTKS Kemensos, bukan penerima Bantuan Subsidi Upah, Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM), bukan TNI/Polri, ASN, Kepala Desa/Perangkat Desa, Komisaris BUMN/BUMD, Anggota DPR, DPRD.

“Pendaftar Program Kartu Prakerja terbuka bagi semua,” katanya dalam pernyataan yang dikeluarkan di Jakarta, Senin (16/8/21).

Baca Juga: 19.500 Alumni Prakerja Bisa Dapat Bantuan Rp10 Juta, ini Syaratnya

Ia menambahkan pembukaan Program Kartu Prakerja merupakan usaha pemerintah membantu masyarakat yang terdampak pandemi covid-19.

“Pemerintah sangat memahami kesulitan yang dialami masyarakat akibat pandemi ini dan berharap masyarakat dapat tetap tangguh dan tumbuh dengan memanfaatkan program Kartu Prakerja. Karena itu, mereka yang berhasil menjadi penerima Kartu Prakerja hendaknya serius mengikuti pelatihan yang dapat mendukung kehidupan ekonomi selama dan pasca pandemi,” papar Denni.

Baca Juga: Jatah Pendaftar Kartu Prakerja Dibatasi 2 Orang Tiap Keluarga

Ia menambahkan selama 16 bulan berjalan, program cukup membantu masyarakat. Manfaat ini tercermin dari jumlah peserta yang mencapai 8,28 juta orang dalam 17 gelombang pendaftaran.

Data yang dimilikinya, dari 8,28 juta peserta itu, 88 persen di antaranya pengangguran. Selain itu, manfaat juga tercermin dari 59 persen peserta yang ternyata berasal dari golongan masyarakat desa, 47 persen perempuan, 2,3 persen purna pekerja migran Indonesia, dan 3,6 persen difabel.

Ia menambahkan manfaat itu masih bisa meningkat. Dengan alokasi anggaran yang tersedia di semester 2 tahun 2021, Program Kartu Prakerja ia yakini mampu memberikan bantuan kepada setidaknya 2,8 juta penerima yang terbagi dalam beberapa gelombang pendaftaran.

Selain itu katanya, manfaat juga tercermin dari hasil Survei Cyrus Network pada Mei 2021 terhadap 2.000 responden. Survei menyebut 98,7 persen penerima merasa mendapat manfaat dari pelatihan program ini.(CNN/hm02)

 

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,600FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: