23.2 C
Medan
Wednesday, August 10, 2022
spot_img

Tempat Pengungsi Rohingya di Medan Terbakar

Medan, MISTAR.ID
Hotel Pelangi yang berada di Jalan Jamin Ginting Kelurahan Mangan Kecamatan Medan Selayang, terbakar, Minggu (3/1/21). Meski tidak ada menelan korban, namun tempat penampungan pengungsi Rohingya asal Myanmar dan Afganistan mengalami kerugian material puluhan juta rupiah.

Berdasarkan data dari pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan menyebutkan, kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 14.20 WIB. Objek yang terbakar yakni bagian dapur hotel dengan persentase kerusakan mencapai 10 persen.

“Api dapat dipadamkan selang satu jam kudian sekitar pukul 15.10 WIB,” kata Manager Pusdalops BPBD Medan, Drs Nurly.

Baca juga: RS Covid-19 Di Mesir Terbakar, 7 Pasien Tewas

Meski bangunan mengalami kerusakan, namun tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran tersebut. Pihak berwajib menurut Nurly masih melakukan penyelidikan mengenai penyebab kebakaran.

“Korban jiwa nihil. Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan,” pungkasnya.

Baca juga: Nelayan Indonesia Selamatkan Hampir 100 Pengungsi Rohingya di Aceh

Diketahui, Hotel Pelangi menjadi tempat penampungan pengungsi Rohingya asal Myanmar dan Afganistan sejak tahun 2012 lalu. Para pengungsi itu melarikan diri akibat konflik di negaranya masing-masing.

Mereka ditempatkan di lokasi tersebut oleh badan PBB yang mengurusi migrasi yakni International Organization for Migration (IOM) sembari mempersiapkan mereka untuk diberangkatkan ke negara tujuan mereka. Salah satu negara yang kerap menjadi tujuan para pengungsi internasional ini adalah Chrismas Island di Australia. (Saut/hm06)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: