Tabung Gas Meledak, Ayam Pecak Adamalika Nyaris Dilalap Api

Rumah makan Ayam Pecak nyaris terbakar akibat ledakan tabung gas. (f:ferry/mistar)

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Rumah Makan ‘Ayam Pecak Adamalika’, di Jalan Adam Malik Kelurahan Timbang Galung Kecamatan Siantar Barat Kota Pematangsiantar, nyaris ludes dilalap api, Sabtu (16/1/21) pagi.

Beruntung petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) PT STTC dan Pemerintah Kota (Damkar Pemko) Pematangsiantar cepat tiba di lokasi kejadian, ditambah lagi dengan sigapnya para pekerja yang menyiram kobaran api dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Api berhasil dijinakkan tanpa sempat menelan korban. Seperti disampaikan penanggungjawab rumah makan ayam pecak Adamalika, Irfan, yang ditemui di lokasi kejadian ketika dikonfirmasi Mistar mengenai kronologis kejadian.

Baca juga: Tabung Gas Bocor, Pondok Puyuh Kang Lathif Nyaris Terbakar

“Tadi ada selang yang lepas dari selang sambung cabang tiga-nya. Mungkin klem selangnya udah kendor, tak diperhatikan. Begitu dihidupkan, dia nembak masih posisi masak, langsung nyambar,” cecarnya.

Saat ditanya apakah ada korban luka akibat kejadian itu, Irfan bilang tidak ada. Bahkan kerusakan akibat kejadian itupun tidak begitu besar. “Tidak begitu besarlah kalau kerusakan, paling ember-ember sama panci-pancilah mungkin yang bonyok itu,” ujarnya.

Diceritakan Irfan, saat kejadian belum ada pelanggan karena memang pagi itu mereka sedang mempersiapkan menu untuk makan siang. “Tadi belum ada pengunjung, habis yel-yel briefing pagi, langsung prepare (persiapan) untuk menu makan siang,” ungkapnya.

Sementara itu, petugas Damkar Pemko Pematangsiantar Rencus Sitompul yang ditemui di lokasi mengatakan bahwa tabung elpiji yang meledak itu adalah tabung elpiji ukuran 12 kilogram. “Dua tabung elpiji 12 kilo meledak,” ujarnya. (ferry/hm09)