spot_img

Sungai Malombu Tapsel Meluap, Banjir Rendam Puluhan Rumah Warga

Tapsel, MISTAR.ID

Akibat tingginya curah hujan di wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) yang mengakibatkan aliran Sungai Malombu meluap hingga merendam pemukiman warga pada Minggu (2/10/22) di Kecamatan Angkola Sangkunur dengan ketinggian mencapai 50 Cm. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Informasi dihimpun media, lokasi banjir tersebut merupakan banjir tahunan yang sudah sering dirasakan masyarakat di Desa Batu Godang, Sirongit, Bandar Tarutung dan Desa Sibara-bara, Kecamatan Angkola Sangkunur Kabupaten Tapsel. Curah hujan yang berjam-jam di Kabupaten Tapanuli Selatan mengakibatkan debit air Sungai Malombu meluap hingga merendam pemukiman warga.

Berdasarkan keterangan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapsel, Umar Halomoan Daulay menyampaikan, banjir akibat curah hujan hingga merendam rumah penduduk.

Baca juga: Dandim 0212/Tapsel dan Forkopimda Palas Salurkan Bantuan ke Warga Terdampak Banjir

“Peristiwa terjadi sekitar 23.46 WIB Minggu malam yang merendam permukiman warga di Batu Godang, Sirongit dan Sibara-bara. Saat ini pihak kecamatan dan kepala desa sudah berkoordinasi untuk mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati mengingat curah hujan masih tinggi,” ujar Kalaksa BPBD Tapsel, melalui pesan singkat WA, Senin (3/10/22).

“Sebelumnya di lokasi kejadian, ketinggian air naik 50 Cm s/d 1 meter, namun pada hari ini air sudah terlihat mulai turun, meskipun begitu kita tetap mengimbau warga harus tetap waspada, karena curah hujan diperkirakan masih berlanjut dan dikhawatirkan air meluap kembali,” ucap Umar Halomoan. (asrul/hm09)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: