29 C
Medan
Friday, September 30, 2022
spot_img

Resah Belawan Sering Tawuran, Omak-omak Geruduk Kantor Camat

Medan, MISTAR.ID

Ratusan warga Belawan yang didominasi omak-omak secara spontan mendatangi kantor Camat Medan Belawan, Senin (19/9/22). Kedatangan mereka karena resah seringnya terjadi tawuran antar warga di lingkungan tempat mereka tinggal.

Para ibu rumah tangga tersebut mengaku sudah sangat resah karena rumah mereka kerap menjadi sasaran pelemparan batu akibat seringnya terjadi tawuran.

“Tolonglah kami Pak, rumah kami sudah banyak yang rusak, atap rumah bolong karena terkena batu terbang dari tawuran anak-anak yang tak kunjung teratasi,” cetus Mardiana didampingi para omak-omak lainnya saat berkumpul di halaman kantor Camat Belawan.

Baca Juga:Cegah Tawuran di Medan Belawan, Pemko Bentuk Tim Penyelesaian Konflik

Beberapa saat berteriak-teriak di kantor camat, namun Camat Belawan tak kunjung keluar. Sejumlah staf pegawai kecamatan menyebutkan kalau Camat Belawan sedang tidak berada di kantornya.

Selanjutnya Sekretaris Camat Belawan Robi mendatangi warga yang umumnya dari omak-omak untuk menyampaikan aspirasinya di dalam aula kantor Camat Belawan.

H Irfan Hamidi selaku tokoh masyarakat Belawan juga tampak menyahuti aspirasi warga. Selanjutnya bersama perwakilan warga lainnya mengadakan pertemuan di dalam kantor Camat Belawan.

Baca Juga:Tawuran Tak Kunjung Selesai di Belawan, Poldasu: Mari Sama-sama Ciptakan Kamtibmas

Usai berdelegasi, Ketua Dewan Pembina Forum Anak Belawan Bersatu (FABB) ini mengatakan, kebijakan dari Pemko Medan sebenarnya bisa menanggapi secara tegas bagaimana situasi Belawan ini bisa kondusif karena dampak dari tawuran ini banyak menyita waktu, harta benda habis dan pendidikan anak merana.

Sebab anak-anak yang mau pergi ke sekolah sering takut hendak keluar rumah, karena saat mau menaiki angkot sudah banyak mendapatkan ancaman.

“Nah, inikan harus kita pikirkan juga dampak ke depan bagi anak-anak kita. Jadi adanya gerakan spontan dari ibu-ibu ini merupakan bentuk dari keresahan yang dialami dan kita pun sebenarnya sudah jenuh atas tawuran yang terus terjadi di Belawan,” cetus Irfan.

Baca Juga:UBKM Medan Utara Rumuskan Format Atasi Tawuran di Belawan

Lebih lanjut Irfan Hamidi yang juga Ketua Dewan Penasehat Ukhuwah Badan Kesejahteraan Mesjid Medan Utara (UBKMMU) meminta kepada pihak kepolisian untuk mengambil tindakan tegas terhadap pelaku kejahatan dan kriminal dan tawuran ataupun bentrokan.

“Polisi harus bertindak tegas terhadap pelaku kriminal dan kerusuhan. Dan kalau ada bandar narkoba harus disikat, jangan hanya pemakainya saja yang ditangkap. Artinya saya selaku tokoh masyarakat semua meminta penegak hukum bertindak adil dan tegas,” harap Irfan.

Sementara itu, Muslim selaku Staf Ahli Pemko Medan yang diwawancarai terkait hasil rapat bersama warga yang mendatangi kantor camat menjelaskan, pihaknya telah sepakat bahwa masalah tawuran ini untuk menegakkan hukum.

Baca Juga:Kapolres Pelabuhan Belawan Razia Lorong yang Rawan Tawuran

“Kita anjurkan masyarakat membuat laporan dan nantinya akan ditindaklanjuti pihak kepolisian,” ujarnya.

Pihaknya, lanjut Muslim, juga nanti akan menyampaikan surat edaran ke Camat dan Muspika yang intinya siapapun yang membawa senjata tajam di malam hari akan ditangkap. (kamaluddin/hm14)

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

Irvanli Silalahi, Alumni SMAN 5 Pematang Siantar yang Raih Beasiswa Kuliah...

Pematang Siantar, MISTAR.ID Impian Irvanli Yosua Silalahi (18)  untuk bekerja di luar negeri makin jelas di depan mata. Pasalnya, alumni SMAN 5 Pematang Siantar ini...

Laju Pemulihan Ekonomi Sumut Berpotensi Termoderasi Akibat Inflasi

Medan, MISTAR.ID Tren pemulihan ekonomi Provinsi Sumatera Utara (Sumut) terus berlanjut dan mencatat pertumbuhan 4,70% (yoy) pada triwulan II-2022 lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya. Meski...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: