25 C
Medan
Tuesday, August 9, 2022
spot_img

Polisi Tangkap Terduga Penadah Besi Rel Kereta Api

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Personel Satreskrim Polsek Siantar Martoba meringkus Jameston (41) warga Jalan Bali, Kelurahan Bane, Kecamatan Siantar Utara, Kota Pematangsiantar ini pada Selasa (17/5/22) sore, kemarin. Jameston ditangkap aparat lantaran menampung besi rel kereta api sebanyak 150 batang.

Besi rel kereta api sebanyak 150 batang hasil curian itu juga ditemukan pihak kepolisian di dalam gudang botot milik Jameston yang berada di Jalan Pendeta J Wismar Saragih, Gang Rindung, Kelurahan Tanjung Pinggir, Kecamatan Siantar Martoba, Kota Pematangsiantar.

Kapolsek Siantar Martoba AKP Manaek Ritonga mengatakan, sebelum pihaknya mengamankan Jameston dan 150 batang besi rel kereta api tersebut lebih dahulu mendapat laporan dari salah seorang perwakilan Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian atas hilangnya besi penahan ballas di KM. 43+000 – 44+000.

Baca juga:Nekat Mencuri Besi Rel KA, 6 Pelaku Ditangkap Polsek Siantar Timur

“Atas hilangnya besi penahan ballas di KM 43+000 – 44+000, Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian turut alami kerugian mencapai Rp30 juta. Maka kita lakukan penyelidikan,” ujar Kapolsek, Kamis (19/5/22).

Hasil penyelidikan, jelas Kapolsek AKP Manaek Ritonga bahwa 150 batang besi rel kereta api itu dijual oleh para pelaku ke gudang botot di Pendeta J Wismar Saragih dan ketika dilalukan pengecekan, benar saja besi-besi curian itupun sudah dalam kondisi terbelah.

Kepada petugas yang meringkusnya, Jameston mengaku kalau besi rel kereta api yang ada digudang bototnya. Ia membeli besi itu seharga Rp 3.500 perkilonya dari orang tak dikenalnya. Besi curian itupun diangkut menggunakan mobil pick up secara bertahap ke gudang botot oleh pelaku pencurian.

Diketahui juga, 150 batang besi rel kereta api curian itu akan dijual langsung ke Belawan dengan diangkut menggunakan truk. Atas temuan ini Kapolsek Siantar Martoba AKP Manaek Ritonga turut menyampaikan kepada Pegawai PT KAI.

Baca juga:Dua Pria Pelaku Pencurian Pagar Besi Madrasah di Binjai Ditangkap Polisi

“Setelah diamankan, kita berkoordinasi dengan Pegawai PT KAI Suwandika. Untuk memberitahukan ditemukan besi rel kereta api milik PT KAI yang hilang berada di gudang Botot di Jalan Pendeta J Wismar Saragih sebanyak 150 batang,” kata Kapolsek.

Suwandi yang mendapat kabar dari pihak kepolisian pun menghubungi dua rekan kerjanya. Indra Eben Hutabarat pun mengeceknya dan membenarkan besi penahan ballas di KM. 43+000-44+000 yang hilang di Jalan Senegal Kompleks Perumahan Asido, berada di gudang botot miliknya Jameston.

“Atas perbuatannya yang menampung besi rel kereta api curian, pelaku (Jameston)  dipersangkakan Pasal 480 KUHPidana tentang pertolongan jahat atau penadah,” pungkasnya. (hamzah/hm06).

 

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: