Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Rumah Kos-kosan di Siantar

Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Kos-kosan Pak Manurung di Siantar
Petugas pemadam kebakaran berjibaku padamkan kobaran api yang membakar rumah kos kosan milik marga Manurung di Jalan Mujair Kecamatan Siantar Timur Kota Pematangsiantar, Kamis (14/1/21).(f:ist/mistar)

Pematangsiantar, MISTAR.ID
Satu unit bangunan rumah yang disulap menjadi kos-kosan oleh pemiliknya M Manurung (49), di Jalan Mujahir Kelurahan Pardomuan Kecamatan Siantar Timur Kota Pematangsiantar, terbakar hingga menghebohkan para tetangga dan warga sekitar.

Kebakaran itu pun menghanguskan beberapa kamar kos-kosan, Kamis (14/1/21). Warga sekitar lokasi kebakaran bermarga Nainggolan menyampaikan, sebelum terjadi kebakaran, mereka yang ketepatan duduk-duduk di belakang Gedung Olah Raga (GOR) melihat ada kepulan asap membumbung ke atas.

Setelah menelusuri asap tersebut, mereka mengetahui rumah M Manurung terbakar. “Yang kami tahu itu, rumah yang terbakar dijadikan marga Manurung ini kos-kosan, kalau pemiliknya tinggal di sebelah yang terbakar itu,” ujar Nainggolan.

Selang beberapa saat kebakaran yang sudah menghebohkan warga sekitar, pemadam kebakaran (Damkar) milik PT STTC bersama petugas Damkar Kota Pematangsiantar, bekerja sama berupaya memadamkan api yang sudah hanguskan rumah milik M Manurung.

Baca Juga:BREAKING NEWS: Dipicu Anti Nyamuk Bakar, Kos-kosan Pak Manurung Dilalap Si Jago Merah di Siantar

Ketika proses pemadaman berlangsung, petugas Damkar mengalami kesulitan dikarenakan luas area lokasi kebarakan sempit ditambah kerumunan dari masyarakat yang merasa ingin tahu.

Tak pelak, untuk memadamkam api, petugas terpaksa memasuki rumah-rumah tetangga korban untuk menjangkau titik api. Desas desusnya soal kebarakan tersebut, dari warga menyampaikan asal usul api yang membakar rumah kos-kosan itu bersumber dari anti nyamuk bakar

“Ada anak kosnya yang mau mandi, dilihat ada api. Kalau gara-garanya, anti nyamuk bakar,” ujar Nainggolan lagi. Sementara, Kapolsek Siantar Timur Iptu Rudi Panjaitan yang ditemui di lokasi kebakaran mengatakan, ada satu unit rumah yang terbakar.

“Ada satu rumah yang dijadikan kos-kosan terbakar. Kalau untuk korban jiwa tidak ada,” sebutnya saat diwawancarai wartawan. Menurut Rudi, pihaknya memperoleh keterangan dari warga bahwa api yang membakar rumah M Manurung terjadi sekira pukul 16.00 WIB.

Baca Juga:Kebakaran di Serbelawan Telah Memberangus Tiga Rumah

“Sekitar pukul 16.00 WIB kejadiannya, api sempat membesar, tapi dicegah pemadam Pemko dan PT STTC dengan menyemprotkan air sehingga api tidak merembet ke rumah tetangga,” ungkap Rudi Panjaitan.

Hanya saja, Iptu Rudi Panjaitan belum dapat memastikan penyebab kebakaran. “Belum bisa kita pastikan, kita akan lakukan penyelidikan terdahulu lah ya,” ujarnya.

Api yang sebelumnya membakar rumah yang dijadikan kos-kosan oleh M Manurung berhasil dipadamkan. Saat ini, petugas tengah melakukan proses pendinginan.(hamzah/hm10)