28 C
Medan
Friday, July 1, 2022
spot_img

Pemindahan Masjid Amal Silaturahim Nyaris Bentrok Antar Pengurus

Medan / Mistar – Pemindahan bangunan Masjid Amal Silaturahim di Jalan Asia, Kecamatan Medan Area, kelokasi yang baru, nyaris terlibat bentrok antar kalangan pengurus yang terpecah menjadi dua kubu, Rabu (23/10/19).

Pantauan kru koran ini dilokasi, suasana Rabu dinihari itu sekira pukul 01.00 WIB, tampak mencekam. Terlihat, puluhan kalangan pengurus Masjid Amal Silaturahim, yang masih menguasai lahan Masjid yang lama, mendatangi pengurus Masjid Amal Silaturahim, dilahan Masjid yang baru yang jaraknya hanya sekitar 20 meter.

Disitu kalangan pengurus Masjid yang lama, dengan menenteng potongan kayu broti berusaha untuk masuk kedalam bangunan Masjid yang baru. Pihak kepolisian gabungan dari personil Polrestabes Medan, Polsek Medan Area, Polsek Patumbak, Polsek Deli Tua, Polsek Medan Timur dan Polsek Percut Sei Tuan dengan cepat menghadang guna mengantisipasi akan terjadinya bentrok.

Dalam keributan itu terdengar suara dari kalangan pengurus Masjid yang lama ditengah-tengah petugas polisi yang berjaga berteriak agar pengurus Masjid yang baru mengembalikan barang-barang yang sudah diambil dari dalam Masjid yang lama.

“Kalian maling, kalian perampok, tangkap orang-orang itu pak polisi, mereka adalah maling, mereka sudah mencuri barang-barang milik masjid kami” teriakan puluhan pengurus Masjid lama itu dilokasi.

Selain itu mereka juga mendesak Kapolsek Medan Area, yang saat itu berada dilokasi untuk menangkap para pelaku pencuri yang mereka maksud.

“Tangkap para pelaku itu pak. Bapak punya wewenang sebagai Kapolsek. Pelaku pencurian sudah jelas kok disitu sudah terbukti. Tunjukkan wibawa bapak dan wewenang bapak sebagai pimpinan. Bapak Kapolsek disini jangan bapak diam aja” terikan pengurus lama.

Tak lama terlihat petugas dengan mobil Pic Up patroli Polisi melangsir barang-barang milik Masjid yang lama berupa Mimbar, kotak infak, sajadah, dan barang lainnya yang sudah terletak diluar Masjid yang lama untuk dimasukkan kembali kedalam Masjid yang lama.

Akhirnya pertikaian itu dapat mereda setelah pihak kepolisian merangkul kedua pihak yang bertikai. Meski pun begitu, pertikaian itu tetap berlanjut jika pihak kepolisian belum menangkap para pelaku yang dimaksud yang sudah mengambil paksa barang-barang milik bangunan Masjid Amal Silaturahim yang lama.

Kapolsek Medan Area, Kompol Anjas Asmara ketika dikonfirmasi via pesan singkat terkait permintaan untuk menangkap pelaku pencuri yang dimaksud hingga berita ini dikirim redaksi Kapolsek belum membalas.

Diketahui sebelumnya, pertikaian antara pengurus Masjid itu dipicu karena bangunan Masjid, Amal Silaturahim, yang berdiri diatas tanah berstatus Wakaf, yang kini dibangun proyek rumah susun. Meskipun begitu namun pihak pengembang telah memberikan solusi bahkan sudah membangun Masjid yang baru sebagai pengganti Masjid yang lama yang hendak dirobohkan.

Penulis : hendra
Editor : Manson

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: