23.9 C
Medan
Friday, September 30, 2022
spot_img

PANGDAM I BUKIT BARISAN: HUKUM HARUS DITEGAKKAN

Medan, MISTAR.ID – Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah mengatakan hukum itu harus ditaati, dilaksanakan dan ditegakkan.

“Terkait penegakan hukum, ada tiga hal yang harus diperhatikan, yaitu kepastian hukum, kemanfaatan, dan keadilan,” kata Fadhilah, dalam sambutannya pada pembukaan Sidang Percepatan Penyelesaian Perkara Triwulan IV TA 2019, di Makodam I/BB Medan, Senin.

Ia mengatakan, dengan kondisi pelanggaran hukum saat ini yang terkesan tiada henti-hentinya yang dilakukan oleh prajurit di satuan jajaran Kodam I/BB sesungguhnya sangat memprihatinkan.

Hal ini, menurut dia, menunjukkan ternyata masih banyak prajurit yang tidak mentaati norma ataupun hukum.

“Guna mencapai kepastian hukum, maka perlu diambil langkah dalam penanganan jumlah perkara melalui proses percepatan penyelesaian perkara,” ujar Fadhilah.

Ia menyebutkan, perlunya kepastian hukum adalah untuk mendapatkan status hukum dari akibat pelanggaran yang dilakukan oleh prajurit.

Sehubungan dengan hal itu, guna mempercepat proses penyelesaian perkara prajurit di jajaran Kodam I/BB, maka perlu dilaksanakan sidang percepatan perkara yang tujuannya untuk memberikan kepastian hukum dan memenuhi rasa keadilan bagi prajurit yang melakukan pelanggaran hukum.

Secara administrasi terhadap prajurit tersebut tidak terkatung-katung dan dapat ditentukan dalam Pembinaan Personel (Binpers) ke depannya.

“Dapat memberikan efek jera terhadap prajurit lainnya agar tidak melakukan pelanggaran hukum yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga dan satuannya.Sebagai sarana sosialisasi hukum terhadap satuan di jajaran Kodam I/BB agar terhindar dari segala bentuk pelanggaran atau tindak pidana,” ucap jenderal bintang dua itu.

Pangdam menyampaikan sidang percepatan penyelesaian perkara yang akan digelar Dilmil I-02 Medan, akan menyidangkan 10 perkara pidana militer dan pidana umum yang dilakukan prajurit jajaran Kodam I/BB yang berada di bawah wilayah Pengadilan Militer I-02 Medan.

Dalam acara tersebut hadir, Kapok Sahli Pangdam I/BB, Irdam I/BB, Asrendam I/BB, para Kabalakdam I/BB, Kadimilti I Medan, Kadilmil I-02, dan para Danyon BS.

Sumber Antara
Editor Luhut Simanjuntak

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

Irvanli Silalahi, Alumni SMAN 5 Pematang Siantar yang Raih Beasiswa Kuliah...

Pematang Siantar, MISTAR.ID Impian Irvanli Yosua Silalahi (18)  untuk bekerja di luar negeri makin jelas di depan mata. Pasalnya, alumni SMAN 5 Pematang Siantar ini...

Tergilas Tronton Usai Senggol Honda Supra di Batu Bara, Pengendara Vario...

Batu Bara, MISTAR.ID Bermaksud hendak mendahului sepeda motor  yang berada di depannya, pengendara bernama Erianto Girsang (36) beserta Honda Vario BK 2714 OAD yang ditungganginya...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: