30.6 C
Medan
Sunday, July 3, 2022
spot_img

Mengusut Asal Api Kebakaran 9 Ruko di Lubuk Pakam, Haji Empeng: Asal Api dari Toko Sebelah

Deli Serdang, MISTAR.ID

Haji Khaidir buka suara dan membeberkan asal api yang memberangus 9 unit rumah toko (Ruko) di Jalan Sutomo, Kelurahan Lubuk Pakam, Kabupaten Deliserdang pada Jumat (22/10/21) malam.

Pemilik rumah makan Abdul Aziz itu menceritakan, asal api yang dilihatnya pada malam terjadinya kebakaran hebat di Lubuk Pakam tersebut berasal dari lantai atas Ruko perabot di sebelah tempat usahanya yang ikut terbakar.

Haji Empeng saat menceritakan dengan menunjukkan jarinya tentang asal api.(foto:ist/mistar)

“Kami taunya ada kebakaran dari orang-orang di seberang jalan. Mereka teriak api-api, kebakaran…kebakaran…,” ujar pria yang akrab disapa Haji Empeng itu, Sabtu (23/10/21).

Baca Juga: Seorang Petugas Damkar Terjatuh, 2 Sesak Nafas Saat Padamkan Kebakaran Ruko di Lubuk Pakam

Penegasan pria berusia 48 tahun itu sebagai bantahan terhadap adanya tudingan yang menyebut bahwa asal api dari rumah makannya, disebabkan adanya korsleting.

“Bukan dari tempat saya asal apinya, tapi dari lantai atas Ruko sebelah yang menjual perabot. Ruko itu tidak ditinggali. Buktinya dapur rumah saya tidak ikut terbakar sedikitpun,” tegas pedagang makanan India muslim itu.

Menurut ayah dari 6 anak yang terkenal dengan jualan martabak dan mie rebus tersebut, bahwa dia telah 30 tahun lamanya berjualan di tempat itu.

Baca Juga: Ruko di Kota Lubuk Pakam Terbakar, Warga Panik

Kini, lapak dagangannya ludes. Kerugiannya ditaksir ratusan juta belum lagi kerugian bangunan peninggalan orangtuanya itu ikut hangus, sehingga kerugian keseluruhan mencapai semiliaran rupiah.

Mengenai kebakaran itu, sebutnya lagi, saat api belum terlalu besar ia langsung bergegas mengendarai sepeda motor menuju kantor Camat Lubuk Pakam di Jalan T Rajamuda untuk mengabarkan kejadian kebakaran tersebut.

Setiba di sana Haji Empeng mendapat kabar kalau mobil pemadam kebakaran yang ada di kantor camat tidak bisa jalan karena rusak.

Baca Juga: Satu Ruko Terbakar di Medan, Pemiliknya Tewas

“Kalau saja mobil pemadam cepat datang, tidak habis kali Ruko di sini terbakarnya,” sesal pria kulit hitam berlobe tersebut.

Selain ruko Haji Empeng, kedai TST Bang Jon yang berdekatan dengannya juga hangus terbakar. “Habis semuanya bang,” ujar Tini, karyawan TST Bang Jon.

Diberitakan sebelumnya, 9 unit Ruko di Jalan Sutomo Kelurahan Lubuk Pakam Pekan Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang, Jumat (22/10/21) malam terbakar.

Empat unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) milik Pemkab Deli Serdang diturunkan dibantu 1 unit Damkar dari Serdang Bedagai dan 1 unit Water Canon Polresta Deli Serdang.

Seorang petugas Damkar unit Batang Kuis, Beni Sinaga pada saat memadamkan api sempat terjatuh dari kanopi, dan dua orang petugas Damkar lainnya mengalami sesak nafas dan dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Deli Serdang.(sembiring/hm02)

 

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: