Kulkas Terbakar Akibat Korsleting Listrik Nyaris Hanguskan Rumah di Pematangsiantar

Petugas pemadam kebakaran di lokasi kejadian, Kamis (10/6/21). (f:hamzah/Mistar)

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Sejumlah warga yang tinggal di kawasan Jalan Tanah Jawa Kelurahan Melayu Kecamatan Siantar Utara Kota Pematangsiantar sempat heboh akibat kebakaran yang nyaris menghanguskan rumah Rudigazali (49), Kamis (10/6/21) sekira pukul 10.20 WIB.

Informasi yang dihimpun di sekitar lokasi, kebakaran tersebut menghanguskan satu unit kulkas di ruangan dapur dan api segera dipadamkan personel Damkar PT STTC dan Damkar Pemko Pematangsiantar.

“Enggak semua terbakar, hanya kulkas aja yang terbakar di rumah korban. Kulkasnya korslet dan sempat menyambar ke gas elpji 12 Kg, sempat api tadi membesar dan sudah berhasil dipadamkan,” ujar Remaja Ginting Kasip Ops Damkar Pemko Pemko Pematangsiantar yang ditemui di lokasi, Kamis (10/6/21).

Baca juga: Peristiwa Kebakaran di Medan Sangat Tinggi, Dalam 5 Bulan Capai 105 Kasus

Hanya saja, pasca api berhasil dipadamkan dan di sekitar lokasi kebakaran tersebut tercium aroma gas elpiji di sekitar rumah. Oleh petugas damkar, gas elpiji yang sempat terbakar telah dievakuasi ke luar rumah dan begitu juga dengan kulkas yang terbakar.

Sementara itu, Kapolsek Siantar Utara Polres Pematangsiantar AKP Manaek Ritonga yang ditemui di lokasi kebakaran menyampaikan, api yang muncul dari hasil hubungan pendek listrik (korsleting) kulkas tidak membakar seluruh ruangan. Hanya kulkas yang terbakar.

“Kulkasnya terbakar. Jadi kulkas yang korsleting itu di sampingnya ada tabung gas, jadi apinya menyambar. Tidak sampai besar apinya dan sudah dipadamkan,” pungkas Kapolsek di lokasi kebakaran. (hamzah/hm09)