30 C
Medan
Saturday, May 28, 2022
spot_img

Kebakaran Pabrik PT Domba Mas Kuala Tanjung, 2 Karyawan Diperiksa

Batu Bara, MISTAR.ID

Polres Batu Bara melalui Sat Reskrim tengah melakukan penyelidikan terkait kebakaran di pabrik PT Domba Mas Kuala Tanjung di Desa Lalang, Kecamatan Medang Deras Batu Bara Sumatera Utara.

Kapolres Batu Bara AKBP Jose DC Fernandes melalui Kasi Humas Iptu Ahmad Fahmi membenarkan penyelidikan tersebut, Sabtu (14/5/22).

Disebutkan Fahmi, Sat Reskrim Polres Batu Bara telah memanggil dan memeriksa dua orang karyawan PT. Domba Mas Kuala Tanjung.

Baca juga:Pabrik Pengolahan Wood Pellet di Paya Pasir Sergai Terbakar

Peristiwa kebakaran tersebut terjadi Kamis (12/5/22) sekira pukul 15.00 WIB dan sempat menggegerkan para pekerja serta warga di sekitar perusahaan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut namun belum diketahui nilai kerugian materi akibat kebakaran.

Warga menduga, kebakaran terjadi karena kurangnya sistim keamanan perusahaan bila terjadi kebakaran. Padahal, lanjut warga,  perusahaan tersebut yang memproduksi fatty acid dan fatty alcohol, pengolahan palm kernel dan minyak goreng, sangat rentan dan berbahaya jika lengah karena dapat menyebabkan terjadinya ledakan fatal.

Saksi mata, Samsul warga setempat yang sempat merekam kejadian kebakaran tersebut menuturkan kepada wartawan bahwa kebakaran terjadi sekira pukul 15.00 WIB.

Samsul menjelaskan sempat melihat jilatan api dengan asap pekat mencapai sekitar puluhan meter naik ke atas. Namun Samsul tidak dapat memastikan lokasi tepatnya terjadi kebakaran karena warga tidak di perbolehkan merekam lebih dekat.

“Api sempat membumbung tinggi naik keatas, asapnya pekat hitam,” ungkap Samsul. Jumat (13/5/22).

Saksi mata lain, Syarifuddin (40), juga warga setempat mengaku sangat khawatir atas peristiwa  tersebut.

“Saya melihat puluhan karyawan berusaha menyelamatkan diri. Sempat  terdengar teriakan menyebut ada tabung alkohol yang bocor dan terbakar,” bebernya.

Saksi mata juga menyebutkan tidak lama kemudian mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) dari  PT Multi Mas dan PT Inalum datang melakukan pemadaman.

Warga berharap pihak kepolisian melakukan penyelidikan, agar pihak perusahaan memperhatikan dampak keamanan bagi warga sekitar apabila terjadi hal serupa.

Wartawan yang bermaksud melakukan konfirmasi menemui jalan buntu. Sempat dilakukan penelusuran, hendak meminta keterangan kepada pihak Perusahan, sayangnya pihak perusahaan tidak satu pun yang mau memberikan keterangan.

“Tadi sudah kita sampaikan kepada pak Sunaryo, nanti beliau akan menghubungi bapak, saat ini beliau sedang ada urusan,” sebut Ayub, salah seorang Satpam PT Domba Mas.

Baca juga:Pabrik Pakaian Terbakar Di Mesir, 20 Tewas

Kemudian saat di hubungi Via Whatsapp, Sunaryo salah satu karyawan sama sekali tidak memberikan jawaban.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, PT Domba Mas Kuala Tanjung memproduksi fatty acid yang akan diolah menjadi fatty alcohol, bahan baku utama untuk berbagai industri terutama industri deterjen.

Pabrik PT Domba Mas memiliki dua unit pabrik fatty acid berkapasitas 550 ton perhari. Pabrik palm kernel memiliki kapasitas 500 ton perhari dan pabrik minyak goreng berkapasitas produksi hingga 1.500 ton per hari.

Disebut-sebut juga pabrik PT Domba Mas Kuala Tanjung ke depan akan memiliki fasilitas pengolahan oleochemical yang akan menjadi terbesar di Indonesia dan berada dalam satu area dan memiliki standar kualitas tinggi. (ebson/hm06)

 

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: