23.3 C
Medan
Saturday, November 27, 2021
spot_img

Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Abu 1.000 Meter

Jakarta, MISTAR.ID

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis Gunung Sinabung, Sumatera Utara kembali erupsi pada Minggu (23/8/20) pukul 07.41 Wib.

Tinggi kolom abu teramati lebih kurang 1.000 meter di atas puncak atau sekitar 3.460 meter di atas permukaan laut. Kolom abu terlihat berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur.

“Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi sekitar 12 menit 27 detik,” kata Kabid Diseminasi Iklim & Kualitas Udara BMKG Hary Djatmiko melalui keterangan tertulisnya, Minggu (23/8/20).

Baca Juga: Akibat Abu Vulkanik Gunung Sinabung, Sejumlah Petani Gagal Panen di Karo

Ia mengutip laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) bahwa terjadi awan panas ke tenggara sejauh 1.000 meter. Saat ini, Gunung Sinabung berada pada Status level III (siaga).

Ia pun mengungkap ada beberapa rekomendasi yang sebaiknya dilakukan masyarakat. Pertama, masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 kilometer dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor Timur-Utara.

Jika terjadi hujan abu, pihaknya mengimbau masyarakat memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Kemudian mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh. “Terakhir masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar,” ujarnya.(republika/antara/hm02)

 

 

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,600FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: