Gempa Magnitudo 3,3 SR Guncang Tarutung

Ilustrasi.(timlo.net/ist)

Tarutung, MISTAR.ID

Gempa hari ini, Minggu (22/11/20) sekitar pukul 21.11 Wib mengguncang Kota Tarutung. Laporan dari pesan WA diterima Mistar, Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) mencatat, gempa tersebut berkekuatan Magnitudo 3.3 SR.

Dalam laporan BMKG itu, pusat gempa Tarutung berada pada titik koordinat 1.99 LU 98.92 BT. Pusat gempa berada di darat 5 km Barat Daya Tapanuli Utara. Demikian laporan pesan WA Kepala BBMKG Wilayah I Medan Edison Kurniawan SSi.MSi.

Adapun kedalaman pusat gempa (hiposentrum) tersebut adalah 10 Km. BMKG juga mengingatkan agar masyarakat di Tarutung mewaspadai potensi gempa susulan.

Baca Juga: Polres Belawan Gelar Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana

Berdasarkan data yang dirilis BMKG, guncangan akibat gempa Tarutung hari ini dirasakan pada sejumlah tempat berikut III Tarutung Sebagai informasi, Skala MMI (Skala Mercalli) adalah satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi.

Jenis dan Mekanisme Gempabumi

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif, sistem sesar sumatera pada segmen Toru.

Dampak Gempabumi

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Tarutung III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu ).

Rekomendasi:

Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Hinga berita ini diturunkan, belum diketahui dampak yang terjadi dari gempat tersebut.(ril/hm02)