30 C
Medan
Saturday, May 28, 2022
spot_img

Gempa Bumi Tektonik Magnitudo 4,4 Guncang Madina

Medan, MISTAR.ID

Gempa bumi tektonik guncang Kecamatan Puncak Sorik Marapi dan Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Jumat (21/1/22) pukul 17.47.27 WIB.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan Magnitudo 4,4. Adapun episenter terletak pada koordinat 0.50 LU dan 99.61 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 41 Km Tenggara Mandailing Natal pada kedalaman 3 Km.

Kepala BMKG wilayah I Medan Darmawan mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif, sistem Sesar Sumatera pada Segmen Sianok.

Baca Juga:Waspada! Jakarta Dalam Bahaya, Ada Potensi Gempa Berkekuatan M 8,7

“Gempa bumi ini dirasakan di Kecamatan Puncak Sorik Marapi dan Kecamatan Panyabungan Kabupaten Madina dengan Skala Intensitas I-II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang),” ujarnya.

Darmawan memastikan, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. “Hingga pukul 20.20 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum ada kejadian gempa bumi susulan (aftershock),” sebutnya.

Darmawan kemudian mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. “Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” pesannya. (ial/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: