30 C
Medan
Tuesday, October 4, 2022
spot_img

Gempa Bumi Tektonik 5,1 Magnitudo Guncang Wilayah Nagan Raya Aceh

Medan, MISTAR.ID
Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,1 Magnitudo guncang wilayah Beutong Ateuh Banggalang, Nagan Raya, Aceh, Jumat (23/9/22) pukul 02.36 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, episenter gempa terletak pada koordinat 4,44° LU ; 96,60° BT atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Beutong Ateuh Banggalang, Nagan Raya, Aceh pada kedalaman 10 Km.

Plt Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, dengan memperhatikan episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif Sumatera segmen Tripa. “Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi kali ini memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip),” ujarnya.

Baca Juga:Gempa Bumi Tektonik 4,7 Magnitudo Guncang Wilayah Gunung Sitoli

Daryono mengatakan, guncangan gempa juga dirasakan di daerah Takengon dan Bener Meriah dengan skala intensitas IV MMI (bila siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah). Selain itu, guncangan akibat gempa juga terasa di daerah Idi Rayeuk-Aceh Timur dan Aceh Barat Daya dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu). “Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi Tsunami,” sebutnya.

Daryono memastikan hingga pukul 03.18 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) berkekuatan 2,9 Magnitudo.
Daryono meminta masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Dia juga meminta warga menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” sebutnya.(ial/hm15)

Related Articles

TRENDING NOW

Warga Dairi Demo ke Gedung DPRD, Ini Tujuannya

Dairi, MISTAR.ID Puluhan warga Kabupaten Dairi kembali melakukan aksi demo terkait pembahasan P-APBD 2022 ke Gedung DPRD Dairi di Jalan Sisingamangaraja, Sidikalang, Senin (3/10/22). Namun...

Melebihi HET, Harga Gas Subsidi 3 Kg di Dairi Rp25 Ribu...

Sidikalang, MISTAR.ID Penjualan tabung gas subsidi 3 Kg di Dairi dijual jauh di atas harga eceran tertinggi (HET). Bila HET yang ditetapkan Pemkab Dairi antara...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: