Dua Rumah Terseret Longsor di Desa Pangambatan

Rumah warga yang terseret longsor.(foto:ist/mistar)

Karo, MISTAR.ID

Bencana tanah longsor terjadi Jumat (20/11/20) sore di Km 108 Dusun Aek Hotang Desa Pangambatan, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo. Bencana yang terjadi sekitar pukul 17.00 Wib tersebut telah menyeret dua unit rumah warga.

Kedua rumah yang tertimpa bencana itu, adalah milik Radin Sian Sinaga (45) warga Desa Nagalingga Kecamatan Merek dan rumah milik Besli Saragih (45) warga Tanah Jawa Simalungun. Kedua rumah itu ambruk kemudian terseret tanah longsor ke bawah.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, hanya menyebabkan kerusakan dua bangunan rumah dan kios yang sebagian isinya tidak dapat diselamatkan. Kerugian ditaksir mencapai Rp300 juta.

Baca Juga: Di Simalungun, 3 Ruas Jalan Longsor dan 1 Jembatan Putus

Radin Sinaga mengatakan, sekitar pukul 08.00 Wib mereka sebelumnya sudah mengetahui bakal terjadi longsor karena sudah ada tanda-tanda retak tanah di bawah rumah mereka sehigga rumah mereka miring.

Menyadari akan adanya ancaman bencana itu, seluruh keluarga Radin Sinaga sudah bersiap-siap untuk menyelamatkan barang-barang yang ada di dalam rumah.

Warga bersama petugas Kamtibmas, Pokdar masih sempat ramai-ramai membantu memperbaiki rumah yang terancam longsor itu, namun karena cuaca sangat extrim diserai hujan dan petir, bangunan rumah tidak dapat terselamatkan, akhirnya terseret longsor hingga ke bawah.(kia/hm02)