Buntut Kaburnya Tahanan, Propam Periksa Kapolsek dan Kanit Reskrim Polsek Medan Area

Terkait kaburnya tahanan di Rumah Tahanan Polisi (RTP) Polsek Medan Area
Mapolsek Medan Area.(f:ist/mistar)

Medan, MISTAR.ID

Terkait kaburnya tahanan di Rumah Tahanan Polisi (RTP) Polsek Medan Area, Profesi dan Pengamanan (Propam) Polrestabes Medan, kini tengah melakukan pemeriksaan (penyidikan) terhadap personil Polsek Medan Area.

Kasi Propam Polrestabes Medan Kompol Zonni Aroma ketika dikonfirmasi Mistar via telepon selulernya menjelaskan, atas kaburnya para tahanan itu kini pihaknya tengah melakukan pemeriksaan terhadap personil polisi yang terlibat, bahkan kapolsek dan kanit reskrim.

“Sudah kita lakukan pemeriksaan terhadap anggota juga kapolsek dan kanit reskrim. Namun sejauh ini masih dalam tahap pemeriksaan oleh pihak propam,” jelas Zonni, Sabtu (8/8/20) sore. Zonni mengatakan, jika saat ini belum ada sanksi terhadap personil dan akan menunggu hasil sidang nanti.

“Oh, nanti setelah sidang. Nanti pemeriksaannya itu di sidang, dari keputusan sidang ya. Sementara saat ini masih dalam proses pemeriksaan dulu,” katanya. Masih kata Zonni, para tahanan yang kabur agar terus dicari sampai ketemu.

Baca Juga:Bobol Dinding, 8 Orang Tahanan Polsek Medan Area Berhasil Kabur

“Dilakukan pencarian sampai dapat. Kalau enggak dapat, ya namanya enggak dapat mau diapain. Cari terus sampe dapat,” pungkasnya. Diberitakan sebelumnya, delapan orang tahanan Polsek Medan Area, berhasil kabur dengan cara membobol dinding penjara, pada Jumat (7/8/20) pagi.

Peristiwa kaburnya tahanan itu terjadi sekira pukul 05.00 WIB. Para tahanan kabur setelah berhasil membobol dinding sel tahanan dan memecahkan kaca pembatas yang berada di lobby, hingga kabur lewat pintu penjagaan Mapolsek Medan Area.

Delapan orang tahanan yang kabur itu tiga di antaranya sudah diamankan polisi. Kini personil Polsek Medan Area dibantu personil Polrestabes Medan, tengah memburu kelima tahanan yang kabur.

Kelima tahanan yang kabur itu dua orang terlibat dalam kasus narkotika. Sementara tiga orang lainnya terlibat dalam kasus pencurian. Adapun Identitas Kelima Tahanan Yang Kabur:

  1. Agus Salim warga Jalan Rawa I Gang Sedar Kecamatan Medan Area.
  2. M Nur alias Amek warga Pasar VII Kecamatan Percut Sei Tuan.
  3. Sayuti Husni Rambe warga Kecamatan Medan Denai.
  4. Horas Simbolon warga Jalan Seksama Kecamatan Medan Area.
  5. Ramlan Nainggolan warga Jalan Elang Simpang Jalan Rajawali Mandala Kecamatan Percut Sei Tuan.

Sementara Tiga Tersangka Yang Sudah Diamankan:

M Yogi.

Hendrawan.

Wanda Sembiring.

Iinstruksi Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko pascakejadian itu menegaskan, untuk segera menangkap kelima tahanan yang kabur tersebut.(hendra/hm10)