26 C
Medan
Tuesday, June 28, 2022
spot_img

Basarnas Medan Evakuasi Warga Korban Banjir Perumahan Flamboyan

Medan, MISTAR.ID

Hujan deras melanda Kota Medan, pada Jumat (25/12/20) malam hingga Sabtu (26/12/20) dini hari, membuat air Sungai Belawan Kelurahan Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan, kembali meluap. Akibatnya, lokasi sekitar sungai khususnya kompleks Perumahan De Flamboyan, banjir.

Mendapatkan laporan banjir di lokasi itu, Tim Rescuer Kantor SAR Medan meluncur ke Komplek Perumahan De Flamboyan Jalan Flamboyan Raya. Setibanya di lokasi, sekira pukul 03.00 Wib, Personil Rescuer Kantor SAR Medan langsung menurunkan Alut Perahu LCR untuk masuk ke area perumahan. Kemudian tim SAR berupaya mengevakuasi para warga yang terjebak banjir dengan ketinggian air sekitar 1,5 Meter.

Personil Rescuer Kantor SAR Medan ketika mengevakuasi warga.(foto:ist/mistar)

Humas Kantor SAR Medan Sariman Sitorus mengatakan, berdasarkan informasi yang mereka peroleh, ketinggian air meningkat sekitar pukul 02.45 Wib, dikarenakan air Sungai Belawan meluap yang berada persis di samping komplek perumahan.

Baca Juga: Setelah 9 Hari Hilang, Jenazah Korban Banjir Sungai Belawan Ditemukan

“Namun tidak semua warga mau dievakuasi dikarenakan ingin menjaga rumah mereka,” sebutnya, Sabtu (26/12/20) pagi.

Tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas Medan, TNI, Dit Shabara Poldasu, BPBD dan instansi terkait lainnya berhasil mengevakuasi warga ke tempat yang lebih tinggi dan aman di Kantor Developer Perumahan De Flamboyan. “Sebagian berhasil kita evakuasi,” katanya.

Untuk korban sendiri, sebut dia, sampai saat ini pihaknya belum ada menerima laporan. “Kita masih membantu mengevskuasi para korban,” ujar dia.

Saat ini ketinggian air, sambung Sariman, sudah surut dan Operasi SAR dinyatakan selesai dan dihentikan setelah keadaan warga dipastikan aman dan unsur yang terlibat dikembalikan ke kesatuan masing-masing.(saut/ril/hm02)

 

 

 

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: