30 C
Medan
Wednesday, December 8, 2021
spot_img

Salam ‘Horas’, Makna Persahabatan dan Semangat Orang Batak

Jakarta, MISTAR.ID
Ada yang khas dalam budaya batak di kehidupan sehari-harinya. Yakni salam ‘Horas’. Salam ‘Horas’ sering diucapkan oleh masyarakat Sumatera Utara (Sumut) saat memulai dan mengakhiri pembicaraan. Saat bertemu dengan orang yang dekat dengannya, atau saat bertemu dengan suku batak lainnya di perantauan. Salam ‘Horas’ ini memang begitu khas di kalangan suku batak.

Antropolog Universitas Negeri Medan, Erond L Damanik, mengatakan Horas merupakan salam khas dari etnik yang ada di Sumut. Salam itu biasanya digunakan oleh masyarakat dari suku Batak Toba, Batak Simalungun dan Mandailing.

“Iya itu kan sebenarnya greetings, ataupun salam khas dari etnik yang ada di Sumatera Utara. Di Mandailing, di Toba dan Simalungun itu sama, Horas,” kata Erond.

Baca juga: World Patient Safety Day, dr Zainal: Keselamatan Pasien Harus Jadi Budaya

Erond menyebut ada salam lain yang bisa digunakan di Sumut selain Horas. Di antaranya Mejuah-juah, Yahowu dan Njuah-njuah. Salam jenis ini biasanya disampaikan oleh masyarakat Karo, Pakpak dan Nias.

“Di Karo Mejuah-juah, di Pakpak Njuah-njuah, di Nias Yahowu. Itu hanya lafalisasi, artinya sama. Diucapkan sesuai dengan daerahnya,” ucapnya.

Erond menjelaskan kata-kata tersebut bukan hanya sekadar salam saja. Dia mengatakan ada makna lain.

“Dia bisa multi makna, bisa dibilang semoga sukses, baik-baik ataupun selamat-selamat,” tutur Erond.

Namun tidak diketahui sejak kapan salam itu mulai diungkapkan. Erond menyebut salam-salam itu sudah diwariskan secara turun temurun oleh masyarakat.

“Kita tidak bisa memprediksi kapan itu mulai, yang jelas itu sudah turun temurun. Biasanya salam itu dilakukan saat membuka dan menutup pembicaraan. Itu sama seperti di Islam mengucapkan assalamualaikum, ataupun di Kristen yang mengucapkan shalom,” jelasnya.

Kata “horas” adalah ungkapan rasa gembira dan syukur dan juga pengharapan atas keselamatan dan berkat dari Tuhan Yang Maha Esa.

Horas diucapkan pada saat berjumpa maupun saat akan berpisah. Horas juga digunakan sebagai salam pembuka dan penutup dalam setiap acara Batak.

Jika seseorang mengucapkan salam “horas” kepada anda sahutlah dengan mengucapkan “horas” juga. Ini akan membantu menciptakan suasana yang bersahabat dan bersemangat.
Arti kata HORAS

Karena artinya yang sangat indah dan penuh makna itulah maka banyak orang Batak menamai anaknya dengan nama “Horas”.
H: holong masihaholongan = kasih mengasihi
O: on do sada dalan nadumenggan = inilah jalan yang terbaik
R: rap tu dolok rap tu toruan = seia sekata
A: asa Taruli pasu-pasu = supaya kita diberkati
S: Saleleng di hangoluan=selama kita hidup

Baca juga:Eksplore Budaya Batak Dan Danau Toba Di Film Mauli Bulung

jadi kata horas itu adalah suatu cita-cita atau harapan yang mengambarkan bahwa setiap orang batak harus hidup saling mengasihi karena inilah jalan yang terbaik dan diwujudkan dengan seia sekata supaya kita mendapat berkat selama hidup kita. demikian secara singkat kata ini dimaknai.

Horas diucapkan pada saat berjumpa maupun saat akan berpisah. Horas juga digunakan sebagai salam pembuka dan penutup dalam setiap acara Batak. (berbagaisumber/hm06)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,100FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: