9.1 C
New York
Saturday, April 20, 2024

Waktu Tepat Koleksi Dolar di Tengah Biden Effect

Medan, MISTAR.ID

Menurut Analis dan Pimpinan Cabang PT Equityworld Futures Medan, William Moen, saat ini adalah waktu yang tepat masuk ke perdagangan derivatif dan mengoleksi dolar sebagai instrumen investasi.

Ditambah kabar efektivitas vaksin Covid-19 besutan Pfizer Inc hingga 90% membuat harga emas dunia sempat terjungkal dari $1,966.10/troz ke level $1,861.70/troz. Penurunan ini diprediksi masih akan berlanjut meski Biden Effect diharapkan menjadi sumber tenaga bagi emas untuk bergerak naik.

“Terpilihnya Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat yang baru membuat sentimen pasar membaik. Ini didukung pidato kemenangan Biden yang meredakan kekhawatiran global terkait kebijakan-kebijakan dan langkah-langkah politik yang lebih terukur sehingga meningkatkan kepercayaan investor terhadap mata uang dolar,” kata Analis William Moen, Rabu (12/11/20).

Baca juga: Rupiah Menguat Pada Dolar AS Pasca Kemenangan Biden

Dengan kondisi tersebut, sambungnya peluang dolar untuk menguat kembali akan terbuka dan perlahan menekan harga emas yang sudah hampir setahun mengalami kenaikan di luar batas perkiraan, termasuk mata uang lain diprediksi akan mengalami penurunan.

“Kemunculan berita penemuan vaksin Covid-19, kekhawatiran dunia juga mulai mereda dan menjadi titik terang bagi perekonomian global yang kemudian berdampak terhadap penguatan mata uang dolar nantinya,” sebutnya.

Sementara untuk emas, kendati sempat menguat jelang Pilpres AS dan pada November terdapat festival Diwali yang biasanya ikut mengerek harga, namun khusus di tahun ini William memperkirakan, festival Diwali tidak akan berpengaruh terhadap kenaikan emas, malahan koreksi emas akan terus berlanjut hingga ke level $1.700/troz – $1.600/troz.

“Untuk itu para investor disarankan untuk bersiap ambil posisi sell,” imbuhnya. Selain dolar, produk derivatif lain yang layak dipertimbangkan adalah indeks Hang Seng dan Nikkei. Para investor dipastikan kembali bergairah membeli saham yang sebelumnya anjlok karena Covid-19 serta dukungan penguatan dolar AS nantinya akan membuat indeks Hang Seng dan Nikkei diprediksi naik.

“Sebab itu, saya sarankan para investor juga mengoleksi Hang Seng dan Nikkei sebagai portfolio investasi. Namun tetap waspada terhadap kemungkinan volatilitas tinggi dari pergerakan semua harga produk derivatif selama peralihan pemerintahan dari Trump ke Biden,” pungkasnya. (anita/hm09)

Related Articles

Latest Articles