8.2 C
New York
Thursday, March 28, 2024

Vitamin C Langka, Harga Melambung Tinggi

Jakarta. MISTAR.ID

Selain masker dan hand sanitizer ternyata vitamin C juga habis diburu pembeli di tengah pandemi virus korona (Covid 19). Bukan tanpa alasan, vitamin C memang memiliki beragam manfaat yang tidak bisa diberikan nutrisi lain dan diyakini menjadi salah satu sumber nutrisi penting untuk menjaga imunitas kesehatan. 


Kendati belum ada bukti ilmiah yang menyebut bahwa suplemen vitamin C secara spesifik mampu mencegah Covid 19, namun dari penelusuran beberapa apotek sudah kehabisan pasokan vitamin C. Beberapa merek dari vitamin c ternama pun tidak lagi tersisa. Bahkan, apotek ternama Kimia Farma kini hanya menjual vitamin yang tersisa yakni dibawah 500 mg.

Salah satu penjual yang tidak ingin disebutkan namanya mengaku bahwa sekarang vitamin juga banyak dibeli. Rata-rata dari mereka mencari vitamin c di atas 500 mg.

“Vitamin c semakin banyak dicari dan sampai kami belum menyiapkan stocknya lagi. Kalau pun ada vitamin c lain yang kandungannya tidak besar yang tersisa,” ujar dia.

Beberapa penjual online dari beberapa eCommerce yang menjual vitamin C secara mengejutkan telah melambungkan harga dengan menawarkan hampir 50 persen bahkan 100 persen lebih. Misal untuk vitamin C merek Blackmores yang normalnya di kisaran Rp150 ribu sampai Rp200 ribu, kini dijual hampir Rp500 ribu.

Untuk aplikasi jual beli obat Halodoc pun beberapa apotek yang bekerjasama menjual vitamin c sudah sangat jarang tersedia. Sebelumnya, mengonsumsi suplemen hanya salah satu dari berbagai cara untuk menjaga imunitas tubuh saat wabah Covid 19. Anda pun masih wajib menjaga sanitasi pribadi, social distancing, menjaga pola makan, berolahraga, dan beristirahat yang cukup supaya terhindar dari virus korona.

Sumber : CNBC

Editor : Jelita Damanik

Related Articles

Latest Articles