12.5 C
New York
Saturday, April 20, 2024

Vaksinasi Dimulai, IHSG dan Rupiah Tancap Gas

Medan, MISTAR.ID

Analis Keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, mengamati kinerja pasar keuangan pagi ini akan banyak dimotori oleh sentimen positif.

“Dari dalam negeri, Presiden Jokowi yang dijadwalkan akan disuntik vaksin, dampaknya pada perdagangan hari ini menjadi kabar yang baik. Sementara itu, sejumlah bursa global yang bergerak menguat meskipun terbatas, juga turut menjadi angin segar bagi perdagangan pasar keuangan secara menyeluruh,” kata Gunawan, Rabu (13/1/21) pagi.

Lanjutnya, pada perdagangan pembukaan pagi ini. IHSG dibuka menguat di level 6.439,93. IHSG mampu tancap gas dan menembus level psikologis 6.400.

Baca Juga: Harga Emas Antam Naik, Diprediksi Tetap Perkasa di Zona Hijau

“Sementara itu, mata uang Rupiah juga dibuka menguat di level 14.090 per US dolar. Rupiah belakangan kinerjanya terpuruk seiring dengan membaiknya animo investor terhadap aset dalam mata uang US Dolar,” sebutnya.

Ditambahkan Gunawan, di pekan ini tidak ada data ekonomi yang perlu dikuatirkan akan membebani pasar keuangan. Akan tetapi yang menjadi persoalan adalah adanya kemungkinan koreksi sehat atau teknikal. Walaupun sejauh ini koreksi yang terjadi tidak begitu membuat pasar keuangan terpukul. Koreksi pada pasar keuangan terjadi sesaat namun mampu terecovery segera.

“Pelaku pasar saat ini juga tengah fokus terhadap vaksinasi awal yang dilakukan di tanah air. Presiden dan sejumlah tokoh masyarakat dijadwalkan akan mendapatkan vaksin. Dan pelaku pasar sangat mengapresiasi sikap tersebut sebagai upaya agar masalah dunia kesehatan bisa terurai dan ekonomi bisa berputar lebih kencang,” pungkasnya.(anita/hm02)

Related Articles

Latest Articles