26 C
Medan
Sunday, May 29, 2022
spot_img

UMKM Tebing Tinggi Ekspor Kolang Kaling ke Filipina, Wali Kota: Pemko Tetap Berkomitmen

Tebing Tinggi, MISTAR.ID

Wali Kota Tebing Tinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM memberangkatkan 1 kontainer ekspor komoditas kolang-kaling produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari daerahnya ke negara Filipina, Senin (28/6/2021).

Direktur CV Kolang-Kaling Sekawan (KKS) Radian Nababan pada kesempatan itu menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan Pemko Tebing Tinggi yang terus mendorong dan membangkitkan UMKM melalui inovasi dan promosi.

“Saya mengucapkan terimakasih atas dukungan bapak Wali Kota Tebing Tinggi. Kami merasakan komitmen bapak dalam mendukung kami pelaku usaha, mempermudah dalam ijin. Sesuai arahan bapak, kami berjanji akan berinovasi, promosi,” ucap Radian Nababan.

Baca Juga: Wali Kota Tebing Tinggi Imbau Tim PORA Perketat Pengawasan Orang Asing

Sementara itu, pejabat fungsional Ahli Balai Karantina Belawan, Amossudin Silalahi mengatakan, usaha UMKM tidak akan bisa berjalan sendiri untuk itu perlu dukungan pemerintah.

Setelah ekspor kolang kaling, Wali Kota Tebing Tinggi berharap, nantinya ekspor bukan bisa dikembangkan ke ekspor produk UMKM lainnya, misal ijuk, lidi dan tebu.

“Ekspor ini bertujuan memotivasi bagi pengusaha yang lain. Bukan hanya kolang-kaling yang bisa diekspor, saya sepakat dengan ijuk, lidi dan tebu. Hanya kemauan, minat dan tentunya ekspor mudah dan murah. 4K memang menjadi bahagaian dari kita. Kami mengajak pengusaha muda, UMKM untuk maju,” ucap wali kota.

Baca Juga: Wali Kota Tebing Tinggi Sampaikan Ranperda LPj APBD 2020, Tercatat 10 Poin Plus

Lanjut wali kota, Pemko Tebing Tinggi akan tetap berkomitmen memajukan UMKM, bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Balai Karantina Belawan.

Wali Kota juga berpesan kepada para pengusaha dan pelaku UMKM lainnya agar dapat mengikuti jejak CV KKS untuk melakukan ekspor produk-produk yang dihasilkan, dan CV KKS diharapkan dapat menjadi pelopor produk ekspor UMKM Kota Tebing Tinggi.

Acara pelepasan ekspor kolang kaling itu dihadiri Wakil Ketua I DPRD HM Azwar SSi, Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian SST.MSi, para pejabat OPD, perwakilan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perwakilan Bank Indonesia (BI), pengurus Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO).(red/hm02)

 

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: