10.4 C
New York
Saturday, April 20, 2024

Sri Mulyani Prediksi Ekonomi RI Hingga 2021 Masih Terjangkit Corona

Jakarta, MISTAR.ID

Meski pengadaan vaksin digencarkan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai melihat laju perekonomian nasional masih akan ‘terjangkit’ pandemi virus corona pada 2021. Sebab, pengadaan vaksin tidak bisa dilakukan secara merata.

“Tahun 2021 kita tetap sama (ekonomi tertekan corona) karena ternyata sampai akhir tahun walau ada upaya penemuan vaksin itu tidak akan terjadi secara serentak dan cepat pada awal 2021,” kata Ani, sapaan akrabnya, di acara Simposium Nasional Keuangan Negara (SNKN) 2020, Rabu (4/11/20).

Menurut bendahara negara, dari hasil perhitungan para epidemiolog, Indonesia butuh vaksin yang tak sedikit pula. Estimasinya, jumlah vaksin harus setara 60 persen sampai 70 persen vaksin dari total populasi masyarakat.

Baca Juga:WHO Siapkan Skema Asuransi Vaksin Kepada Negara Miskin

“Kalau di Indonesia berarti butuh berapa ratus juta masyarakat (untuk divaksin) agar bisa bertahan dari pandemi ini,” ujarnya.

Selain itu, menurutnya, pertumbuhan masih akan dibayangi dampak tekanan ekonomi akibat corona karena belum ada vaksin yang benar-benar dinyatakan ampuh. Bahkan, masih banyak vaksin yang pada tahap uji coba.

“Tahun 2021 kita masih akan menghadapi pandemi ini, meskipun mungkin pengobatan vaksinnya sudah mulai muncul karena sekarang lebih dari 25 jenis vaksin yang sedang dicoba,” ucapnya.

Baca Juga:Pentingnya Vaksin Covid-19, Ini Penjelasan Pakar Imunisasi UI

Di sisi lain, ancaman ekonomi terbebani corona masih terlihat dari risiko gelombang kedua pandemi di beberapa negara di dunia. Bahkan, saat ini beberapa negara mempertimbangkan untuk mengunci lagi alias lockdown negara mereka untuk memutus penyebaran virus.

“AS, Prancis, Jerman, Inggris, Italia, Spanyol, semua sedang menghadapi gelombang kedua. Dan, gelombang kedua jauh lebih marak karena rakyatnya mungkin sudah pada mulai tidak sabar. Mereka sudah tidak mau lagi menutup usahanya sehingga ini menyebabkan tekanan ekonomi, sosial, keuangan secara bersamaan, juga tentu masalah politik,” pungkasnya. (cnn/hm12)

Related Articles

Latest Articles