-1.4 C
New York
Friday, March 22, 2024

Sidak, Petugas Temukan Harga Minyak Goreng Curah Rp18 Ribu per Kg di Tapsel

Tapsel, MISTAR.ID

Petugas Kepolisian Resort Tapanuli Selatan, Polsek Sipirok, Sumatera Utara melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap sejumlah pedagang minyak goreng (migor) yang berada di Pasar Sipirok, Kamis (31/3/22). Petugas melakukan monitoring untuk mengantisipasi kelangkaan migor khususnya menjelang Ramadhan.

Dari hasil monitoring, petugas menemukan minyak goreng curah sebanyak 3 drum dengan harga jual Rp18 ribu per kg. Selanjutnya, minyak goreng kemasan 5 bungkus dijual Rp22 ribu hingga Rp23 ribu per liter.

Kapolsek Sipirok AKP Ismaya mengatakan, beberapa toko maupun pedagang eceran sudah dilakukan monitoring. Alhasil, dari toko ke toko lain, dan dari pedagang eceran sedikit ada perbedaan harga. “Yang pasti, stok minyak goreng curah menjelang Ramadhan masih aman,” kata AKP Ismaya.

Baca Juga:Sebanyak 28 Ribu Ton Minyak Goreng Curah Mulai Dikucurkan Pemerintah

Seperti di Toko Yohanes Sinaga, stok minyak curah sebanyak 200 kilogram dengan harga jual Rp17 ribu per kg, Sancho Rp51 ribu per 2 liter dengan stok 10 bungkus.

Sementara Kabid Perdagangan Tapsel, Lena yang dihubungi via telepon selulernya menjelaskan, seharusnya minyak goreng curah harus sesuai HET yakni Rp14 ribu per kg.

“Berdasarkan monitoring, perbedaan harga terjadi dari distributor ke grosir hingga eceran. Di grosir seharga Rp15.500 per kg, maka pedagang eceran menaikan harga di atasnya. Masalah ini sudah pernah kita tanyakan. Mereka beralasan ngak mungkin tidak mengambil untung,” jelasnya. (asrul/hm12)

Related Articles

Latest Articles