9.4 C
New York
Saturday, April 20, 2024

Sentimen Aksi Beli Teknikal, IHSG Menguat 0,52%

Medan, MISTAR.ID

Setelah tekanan hebat pada perdagangan sebelumnya. Kinerja bursa global berbalik dan menguat pada perdagangan hari ini, Jumat (29/1/2021).

Namun, dikatakan Analis Keuangan Sumut, Gunawan Benjamin penguatan pasar saham pada hari ini lebih dikarenakan aksi beli teknikal. “Artinya memang pelaku pasar sudah mengalami jenuh jual sehingga memulai untuk kembali membeli saham. Dengan harapan tidak ada tekanan lanjutan,” terang Gunawan dalam sesi pembukaan IHSG pagi ini, Jumat (29/1/2021).

Begitupun, Gunawan menyarankan agar investor ritel untuk berhati-hati jika berhadapan dengan situasi seperti ini. Karena ini hanya sentimen teknikal, bukan berarti tekanan sepenuhnya telah hilang.

Baca juga: Sempat Terjun Bebas, IHSG Ditutup pada Zona Hijau

“Belum ada yang bisa mengkonfirmasi hal tersebut. Technical rebound sebaiknya dimanfaatkan untuk melakukan “bersih-bersih” seandainya ada saham yang memang saatnya dijual.

Technical rebound juga akan lebih banyak memicu terjadinya transaksi jangka pendek atau biasa dikenal dengan istilah hit and run atau banyak juga menyebutnya tik tok,” terang Gunawan.

Baca juga: IHSG dan Rupiah Bergerak Datar

Dijelaskannya pada hari ini IHSG dibuka menguat 0.52% di level 6.010,34. Penguatan IHSG di sesi pembukaan tidak ubahnya kinerja bursa di Asia sejauh ini. Dan bukan tidak mungkin hari ini IHSG belum akan lepas dari tekanan.

“Saya menilai potensi turun tetap terbuka meskipun kecenderungan IHSG menguat selama sesi perdagangan peluangnya lebih besar. Jadi, tetap waspada potensi tekanan lanjutan. Sementara itu, seirama dengan bursa saham, mata uang Rupiah sejauh ini juga mengalami penguatan dikisaran level 14.057 per US Dolar,” pungkas Gunawan. (Anita/hm06)

Related Articles

Latest Articles