11.1 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Sebelum Isu Naik BBM, Harga Bahan Pokok Sudah Duluan Naik di Medan

Medan, MISTAR.ID

Sebelum adanya isu kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) sejumlah harga bahan pokok di Kota Medan sudah duluan mengalami kenaikan. Mulai bahan pokok telur, beras dan komoditas pangan cabai merah.

Dikatakan Mak Laris salah satu pedagang komoditas cabai merah di Pusat Pasar Medan harga cabai merah sudah 3 bulan ini bertahan mahal. Harga terus berfluktuasi dari Rp80 ribu hingga Rp90 per kg. Sedangkan untuk harga cabai hijau dijual Rp36 ribu per kg.

Menurutnya mahalnya harga cabai merah sudah cukup lama padahal biasanya kenaikan cabai merah hanya sekitar 1 minggu saja.

Baca juga:Isu Kenaikan BBM, Pertamina Jamin Stok Aman

“Ini sudah lama kali naik cabai merah ini karena stok terbatas juga ditambah cuaca hujan terus. Biasanya semingguan ajanya naiknya harga cabai ini. Tapi sekarang udah 3 bulan lebih mahal terus. Apalagi kalau benar-benar naik BBM udahlah naik lagi lah harganya,” cetusnya pada MISTAR, Kamis (1/9/22).

Begitupun, Mak Laris bersyukur untuk harga komoditas lainnya seperti bawang merah, cabai rawit, bawang putih, dan tomat mulai turun. “Cabai rawit hari ini Rp36 ribu per kg jauh kalikan harganya dari cabai merah. Bawang merah sudah turun lah dari Rp40 ribu sudah Rp25 ribu per kg. Kalau bawang putih masih sama Rp20 ribu per kg. Tomat juga turun ini Rp8 ribu udah yang bagusnya,” ungkapnya.

Terpisah, salah satu pemilik grosir beras Toko UD Kawal menjelaskan, untuk masalah kenaikan harga beras memang sebelum adanya informasi adanya kenaikan BBM harga beras sudah naik.

“Sekitar satu bulan lalu naik harga beras ini. Memang naiknya tidak secara langsung namun bertahap setiap harinya. Harga naik dikisaran Rp300-500. Sampai saat ini kami belum ada pengiriman lagi ke langganan atau tingkat pengecer,” ujarnya Teguh Kawal Gurusinga pemilik usaha tersebut.

Saat ditanyakan bagaimana bila benar-benar terjadi kenaikan BBM, Kawal menuturkan belum mengetahui apakah akan terjadi kenaikan. Namun Dia berharap semoga harga beras tidak naik terlalu tinggi dikarenakan jika terjadi lonjakan kenaikan harga akan memberatkan minat beli masyarakat. “Jika ada kenaikan semoga tidak terlalu tinggi agar semuanya tidak merasa diberatkan,” ujarnya.

Baca juga:Gawat! Harga Beras Naik Tajam

Sementara itu amatan lain untuk harga telur masih berada di harga eceran Rp1.650 dengan ukuran yang paling kecil biasanya pada ukuran ini dijual diharga Rp1.500 per butirnya. Untuk minyak goreng curah sendiri masih diharga biasa yakni Rp14.000 per kg dan gula paris diharga Rp14.363 per kg. (anita/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles