25 C
Medan
Friday, May 20, 2022
spot_img

Satoshi Nakamoto, Sosok Misteri Penemu Bitcoin Segera Terungkap

Jakarta, MISTAR.ID

Satoshi Nakamoto adalah nama salah satu sosok misterius di balik lahirnya Bitcoin. Nakamoto adalah nama samaran yang digunakan oleh penemu mata uang digital yang kini menjadi tren.

Nama Satoshi Nakamoto pertama kali muncul pada tanggal 31 Oktober 2008. Nakamoto mengirim laporan (whitepaper) sembilan halaman ke sekelompok kriptografer dan menjelaskan sistem “uang elektronik”.

Uang elektronik ini memungkinkan orang untuk menukar nilai tanpa perlu bank atau pihak lain. Beberapa bulan kemudian, jaringan Bitcoin ditayangkan, dan Nakamoto mengumpulkan satu juta bitcoin di tahun pertamanya.

Baca juga:Investor China dan Hong Kong Panik Akibat Xi Jinping Matikan Bitcoin

Pada hari-hari awal bitcoin, tidak ada yang terlalu peduli dengan identitas Nakamoto. Bitcoin tidak memiliki nilai nyata dan hanya memiliki sekelompok kecil pendukung.

Nakamoto aktif dalam pengembangan Bitcoin selama sekitar dua tahun. Identitas ini kerap menulis di papan pesan dan mengirim email dengan para pengembang lain.

Pada bulan Desember 2010, Nakamoto, yang diketahui menggunakan dua alamat email dan memiliki satu situs web terdaftar, berhenti memposting secara publik dan menghilang.

Mei 2011 disebut menjadi momen terakhir Nakamoto berkomunikasi secara privat dengan kontributor Bitcoin lain. Dalam email terakhir dengan Martii Malmi, salah seorang peserta pertama Bitcoin, Satoshi menulis: “Saya beralih ke hal lain dan kemungkinan tidak akan muncul lagi.”

Terungkap di pengadilan

Nama samaran Satoshi Nakamoto sebagai penemu Bitcoin tetap menjadi misteri hingga saat ini. Namun, identitas Nakamoto akan segera diungkap oleh pengadilan Florida.

Baca juga:Dolar Tergelincir Bitcoin Merosot

Belakangan, gugatan di pengadilan mengungkap nama Nakamoto ini dipercaya merupakan alias dari dua orang yang mengembangkan Bitcoin pertama kali, David Kleiman dan Craig Wright.

Pasalnya, keluarga Kleiman menggugat Wright (51) sebanyak US$ 64 miliar (Rp911,5 triliun). Gugatan dilayangkan usai Kleiman meninggal dunia pada 2013. Pihak keluarga menuntut Wright agar memberikan setengah kekayaan Bitcoin yang ditambang pertama kali oleh mereka berdua.

Nakamoto sendiri saat ini merupakan orang terkaya ke-15 di dunia. Kekayaan bersih mereka diperkirakan mencapai US$73 miliar (Rp 1.039 triliun), dengan kepemilikan crypto di wilayah 750.000 dan 1,1 juta BTC. (cnn/hm06)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: